Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya

By | 13/03/2018

Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya,- Lapar merupakan respon alami dari tubuh. Setiap mahluk hidup di dunia ini pasti akan mengalami rasa lapar, entah itu pada manusia, hewan atau bahkan tumbuh-tumbuhan. Menurut beberapa pandangan, sebagian orang dapat mengalami rasa lapar yang berlebihan alias melebihi batas normal.

Sebenarnya apa yang menyebabkan tubuh mudah lapar? Ada berbagai jenis faktor penyebab yang menimbulkan rasa lapar muncul secara berlebihan, dan paling umum adalah stres. Seperti yang sudah kita ketahui, apapun jenis penyakit yang anda derita pasti tidak luput dari stres sebagai salah satu pemicunya.

Apa kaitannya stres dengan rasa lapar? Hormon kortisol atau pengelola stres dalam tubuh mengalami peningkatan produksi yang signifikan sehingga akan terus mendorong anda untuk makan. Itu sebabnya mengapa tubuh menjadi mudah lapar meski satu jam sebelumnya kamu sudah makan.

Bahkan untuk sebagian orang, kebiasaan buruk ini dapat membuat kenaikan berat badan secara melonjak hingga akhirnya kamu mengalami obesitas. Namun sebenarnya hal ini tidak akan terjadi apabila tubuh dapat mengontrol dengan baik dan menekan nafsu makan yang berlebihan tersebut. “Saya enggak stres tapi tetap saja suka lapar berlebihan”. Jika ini permasalahannya mungkin penjelasan medis berikut dapat membantu anda.Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya


Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya

Selain stres, munculnya rasa lapar yang tak wajar juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan protein yang diperlukan tubuh. Apa itu protein? Merupakan salah satu gizi yang mampu mengurangi rasa lapar dan membantu anda untuk memproduksi kalori lebih sedikit setiap harinya.

Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya

Asupan protein dianggap penting karena pada sebagian orang mampu mengontrol nafsu makan bahkan diet protein disebut-sebut efektif menurunkan risiko obesitas sebanyak 75%. Di beberapa negara, banyak orang yang menyukai diet protein karena selain dapat menstabilkan porsi makan hingga batas normal juga ampuh untuk membantu penurunan berat badan pada mereka yang memiliki berat badan berlebih/ kegemukan.

Tak sampai di situ saja, kebutuhan protein yang tercukupi pun dapat menjadikan tubuh lebih berenergi dan bergairah karena mereka cenderung mempunyai simpanan makanan dalam tubuh untuk jangka waktu yang cukup lama. Artinya, apabila kamu makan pagi hari kemungkinan untuk lapar lagi di jam 9 sangatlah kecil. Hingga akhirnya kamu akan merasakan lapar pada jam satu siang atau jam 3 sore.Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya

Bukankah ini lebih efektif? Memang tidak ada anjuran harus makan berapa kali sehari, karena itu tergantung dari bahan bakar dalam tubuh. Intinya tubuh manusia itu seperti mobil yang akan mogok apabila kehabisan bahan bakar. Namun jika kamu pintar mengatur pemakaiannya maka tak perlu beli bensin setiap menit. Begitu pula dengan tubuh, tak harus terus menerus makan asal kamu bisa cerdas mengontrol nafsu makan.Tubuh Mudah Lapar? Inilah Penjelasan Medisnya

Penyebab lain dari lapar terus menerus :

  • Tidak memiliki kualitas tidur yang baik
  • Terlalu banyak asupan karbohidrat olahan
  • Kurang minum atau dehidrasai
  • Mengikuti diet rendah lemak
  • Dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *