Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

By | 10/12/2018

Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak,- Hepatitis B merupakan infeksi pada organ hati. Penyakit ini muncul disebabkan oleh virus HBV yang mudah menular dari satu individu ke lainnya. Mereka yang punya sistem kekebalan lemah biasanya lebih mudah terinfeksi termasuk anak-anak. Cara penularan virus hepatitis B sendiri cukup beragam mulai dari hubungan seksual tanpa kondom, penggunaan jarum suntik yang sama dengan orang yang sudah terinfeksi sebelumnya, hingga pembuatan tato pun dapat menjadi jalan penularan virus HBV.

Lantas bagaimana hepatitis B ini dapat menyerang anak kecil? Pada awalnya, penularan terjadi ketika si anak masih dalam kandungan. Artinya penyakit hepatitis B ini muncul akibat faktor keturunan yang ditularkan dari si ibu ke janin. Adapun penyakit hepatitis B digolongkan ke dalam 2 bagian yakni akut dan kronik. Hepatitis B akut muncul hanya untuk jangka pendek sedangkan hepatitis B kronik bisa bersarang di tubuh dalam kurun waktu cukup lama. 

Hepatitis B lebih sering menyerang anak kecil dikarenakan semakin muda usia seseorang maka semakin tinggi pula risiko tertular infeksi. Itu sebabnya mengapa anak-anak lebih rentan terhadap hepatitis B. Kendati demikian, bukan berarti penyakit ini tidak bisa diobati, ada banyak pengobatan sederhana hepatitis B kronik pada anak yang dapat dicoba. Namun, sebelum mengenal berbagai pengobatan tersebut alangkah baiknya anda kenali juga gejala lain dari hepatitis B berikut ini ↵

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Nyeri pada otot dan sendi
  • Tubuh jadi lemah dan mudah lelah
  • Kulit tubuh berubah menjadi kuning
  • Warna urine jadi gelap seperti teh

Dalam kasus yang sering terjadi, gejala-gejala tersebut tidak langsung disadari oleh si penderita karena mereka beranggapan bahwa itu hal biasa dan sepele. Alhasil, lama-kelamaan ketika penyakit sudah pada tahap serius, barulah penderita sadar,bahwa mereka terinfeksi virus hepatitis B. Kalau sudah begini siapa yang salah? Tidak ada. Hanya saja, kamu harus lebih memahami tubuh sendiri sehingga ketika ada yang berbeda, kamu tidak terlambat menyadarinya.


Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak


Pada umumnya, jika penyakit hepatitis B sudah menyerang tubuh maka dokter akan melakukan diagnosis terlebih dahulu untuk memastikan penyebab sebenarnya. Jika sudah terdeteksi, barulah team medis akan berdiskusi untuk merundingkan pengobatan yang cocok bagi si penderita sehingga tidak salah obat, dan kondisi cepat membaik. Ahli kesehatan juga, mungkin akan menyarankan anda melakukan biopsi guna menghambat penyebaran virus sehingga tidak merusak organ hati. Lebih lengkap, berikut kami sudah merangkum berbagai pengobatan sederhana hepatitis B kronik pada anak.

Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

Tak melulu menggunakan pengobatan medis, tampaknya hepatitis B pada anak juga dapat diatasi dengan beberapa pengobatan sederhana berikut ;

Lakukan vaksinasi

Vaksin hepatitis B merupakan langkah utama paling sederhana yang dapat dilakukan. Selain bisa melindungi tubuh dari serangan virus, juga menjaga sistem kekebalan agar tetap stabil. Dengan demikian, dapat dipastikan kalau virus hepatitis B tidak mudah menyerang tubuh. Pengobatan suntik vaksin hepatitis B hanya boleh diberikan pada mereka yang real terkena serangan virus HBV.

Jika ada virus lain yang menginfeksi tubuh, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter supaya diberikan penanganan terbaik. Siapa saja yang boleh melakukan vaksin hepatitis B? Siapa saja boleh termasuk bayi baru lahir dan anak-anak. Tubuh si kecil akan sangat bagus jika diberikan solusi ini karena mampu membentuk antibodi alamiah sehingga mampu memberikan perlawanan dan melindungi imunitas.

Jangan bagi barang pribadi dengan orang lain

Anda tidak boleh sembarangan meminjamkan barang-barang pribadi seperti sikat gigi, handuk, dan lain sebagainya. Hal ini penting dilakukan supaya anda tidak mudah tertular oleh virus. Selain sikat gigi, anda juga tidak dianjurkan untuk meminjamkan pisau cukur dan gunting kuku. Tetaplah berhati-hati ketika anda sedang berinteaksi langsung dengan seseorang, perhatikan apakah dia mempunyai gejala yang menjurus pada penyakit hepatitis B atau tidak. Menjaga jarak dengan orang lain merupakan hal sangat sederhana yang bisa dicoba.

Lakukan hubungan seksual yang aman

Khusus untuk orang dewasa, sering berganti pasangan ketika melakukan hubungan seksual bukan cuma dapat menyebabkan HIV/AIDS melainkan juga memicu penyakit hepatitis B. Apalagi jika hubungan seksual dilakukan tanpa memakai pengaman seperti kondom. Cara lainnya, anda juga harus mengetahui riwayat pasangan apakah dia sudah terinfeksi penyakit hepatitis B atau tidak. Dengan begini maka dipastikan peluang untuk tertular sangatlah kecil.

Cara-cara lainnya

Khusus untuk si kecil, peradangan hati atau yang dikenal dengan hepatitis B harus segera diobati. Tak cuma harus mengubah gaya hidup, anda sebagai orangtua juga dituntut untuk mencoba beberapa alternatif pengobatan supaya si kecil bisa cepat pulih.

♣ Ramuan pertama

Siapkan sedikitnya satu jari batang brotowali, 3 gelas air dan satu sendok madu. Jika sudah siap, potong-potong brotowali tersebut, jangan semuanya secukupnya saja. Jika sudah, campurkan semua bahan hingga menjadi satu. Setelah tercampur rata baru panaskan sampai betul-betul mendidih. Jika telah siap, minum ramuan tersebut selagi hangat setidaknya 2 kali sehari. Jika pengobatan ditujukan untuk si kecil, silakan berikan ½ gelas saja jangan terlalu banyak.

♣ Ramuan kedua

Siapkan 2 buah tomat yang masih segar dan gula pasir secukupnya. Jika sudah siap, buatlah kedua bahan tersebut menjadi jus tomat tanpa es. Minum ramuan ini secara rutin bukan hanya dapat mengatasi virus hepatitis B saja, namun meningkatkan penglihatan si kecil. Sebab tomat mengandung tinggi vitamin A yang tentunya baik untuk kesehatan mata.Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

Kalau tidak punya blender, bisa menggunakan cara manual. Pertama, potong tomat hingga ukuran kecil-kecil. Kemudian, panaskan ke dalam 2 gelas air. Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam gelas, jangan lupa pakai saringan. Karena yang akan dimanfaatkan airnya, bukan ampasnya. Apabila sudah siap, silakan minum ramuan sebanyak 1 kali sehari.Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

♣ Terakhir, siapkan mengkudu

Buah mengkudu mengandung zat aktif yang dapat melawan serangan virus HBV. Meski rasanya sedikit kurang enak dan tidak menggugah selera, namun kamu tidak bisa menyepelekan khasiat yang terkandung di dalamnya. Cuci buah mengkudu yang masih segar terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan kain (berfungsi untuk menyaring dan memisakan air dari ampasnya). Jika sudah siap, peraslah ramuan tersebut dan minum airnya perasan secara rutin setidaknya 2 kali sehari dengan dosis ½ gelas.Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

Nah itulah pengobatan sederhana hepatitis B kronik pada anak yang bisa anda coba dirumah. Untuk kasus hepatitis B yang sudah parah, tidak dianjurkan menggunakan cara-cara diatas kecuali ada persetujuan dari dokter. Ini dilakukan untuk mencegah penyakit agar tidak bertambah buruk. Mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara lain untuk menstabilkan sistem kekebalan sehingga tubuh bisa melakukan perlawanan secara alami dan memberantas infeksi yang menyerang organ hati. Pengobatan Sederhana Hepatitis B Kronik Pada Anak

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *