Manfaat Dan Bahaya Makan Cangkang Telur Yang Harus Diketahui

By | 07/02/2018

Manfaat Dan Bahaya Makan Cangkang Telur Yang Harus Diketahui,- Apakah sebelumnya kamu sudah tahu kalau cangkang telur bisa dimakan? Atau justru baru mengetahuinya kali ini? Gak perlu dijawab, karena bukan itu yang bakalan kita bahas 😀 Pada umumnya, orang-orang hanya mengolah putih dan kuning telur tanpa memerhatikan cangkangnya, dan biasanya langsung dibuang ke tempat sampah begitu saja.

Manfaat Dan Bahaya Makan Cangkang Telur Yang Harus Diketahui

Padahal jika kamu pandai mencari informasi, ternyata cangkang telur juga bisa dimakan. Ya siapa sangka, cangkang telur yang biasa kita abaikan begitu saja ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia, dan kali ini kita akan bahas satu persatu mengenai manfaat makan cangkang telur beserta bahaya yang ditimbulkan. Gak usah panjang lebar lagi, langsung saja yuk kita intip manfaat dan bahaya makan cangkang telur yang harus diketahui berikut ini.

Manfaat Dan Bahaya Makan Cangkang Telur Yang Harus Diketahui

Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus bagi kesehatan. Bukan hanya dapat meningkatkan penglihatan namun telur juga dipercaya mampu menjaga fungsi otak supaya bisa tetap bekerja dengan baik. Dalam beberapa penelitian, telur juga sering dianggap sebagai makanan pokok yang harus ada di meja makan setiap hari. Hal tersebut dikarenakan dalam telur terdapat sejumlah kandungan yang akan mempromosikan kesehatan sehingga tidak mudah merasa lelah dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Nah, mengingat manfaatnya sangat banyak sekali kamu juga bukan hanya bisa menikmati putih dan kuning telur saja melainkan juga cangkangnya. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsi cangkang telur ;

Bisa meredakan nyeri pada persendian

Menurut beberapa pengalaman dari mereka yang sudah mencoba, mengungkapkan bahwa cangkang telur efektif untuk mengurangi rasa sakit di persendian. Ini terjadi karena dalam cangkang telur terdapat kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan persendian. Itulah sebabnya mengapa penderita asam urat dianjurkan untuk makan cangkang telur, karena ada banyak khasiat yang dapat membantu mempromosikan kesehatan sendi.

Bisa digunakan sebagai masker

Bukan hanya putih telur saja, cangkang telur pun faktanya bisa dijadikan sebagai masker. Caranya mudah sekali, campur satu cangkang telur dengan putih telur setelah itu kocok dan maskerkan secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah. Jangan lupa,cangkang telurnya harus benar-benar ditumbuk hingga halus ya, supaya lebih nyaman ketika dioleskan pada kulit.

Mengandung kalsium alami

Cangkang telur memiliki kandungan kalsium alami sangat tinggi bahkan mencapai 50%. Jumlah tersebut tentunya mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian anda. Nah, tingginya kalsium yang dimiliki cangkang telur, membuat bahan alami ini juga aman dikonsumsi penderita osteoporosis. Anda bisa mencari olahan yang berbahan dasar cangkang telur kemudian konsumsi secara rutin. Berdasarkan sebuah penelitian, cangkang telur sangat efektif untuk mengurangi risiko osteoporis.

Berikut merupakan manfaat makan cangkang telur yang bisa kamu dapatkan. Meski memang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, namun kamu tidak dianjurkan berlebihan mengkonsumsinya. Karena bagaimana pun cangkang telur memiliki efek samping dan bahaya apabila dikonsumsi dengan cara yang salah. Adapun beberapa bahaya yang dimaksud adalah ;

  • Keracunan
  • Melukai tenggorokan
  • Sarang bakteri berbahaya
  • Memengaruhi fungsi otak
  • Kerusakan pada organ tubuh lainnya

Intinya cangkang telur atau kulit telur merupakan sumber kalsium paling murah dan mudah didapatkan. Tapi apabila dimakan secara berlebihan maka dapat menyebabkan munculnya efek samping. Akibatnya, kerongkongan bisa terluka karena tekstur cangkang telur yang tajam. Untuk menyiasati hal tersebut kamu bisa menumbuknya terlebih dahulu supaya bisa melewati kerongkongan dengan aman.

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *