Jenis Makanan Penyebab Menurunnya Daya Ingat

By | 03/03/2018

Jenis Makanan Penyebab Menurunnya Daya Ingat

Jenis Makanan Penyebab Menurunnya Daya Ingat,- Otak merupakan sistem saraf pusat yang mengendalikan semua organ dalam tubuh. Jika fungsi kognitif tidak berjalan dengan baik maka tak menutup kemungkinan apabila menimbulkan berbagai jenis masalah pada kesehatan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mengembalikan kerusakan pada fungsi otak seperti melakukan aerobik atau fitness. Kedua olahraga tersebut telah disepakati oleh berbagai penelitian karena mampu menjaga kesehatan otak secara optimal.

Selain harus melakukan aktivitas fisik, anda juga diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Oleh karena itu, makanlah sesuai kebutuhan kurangi asupan gula, junk food serta makanan cepat saji lainnya agar fungsi jantung dan ginjal anda juga tetap terjaga dengan baik.

Namun tidak semua makanan itu bagus untuk otak ya guys, karena diantara yang baik selalu ada yang terbaik. Jadi pastikan bahwa kamu sudah memilih jenis makanan terbaik bagi otak dan mengurangi beberapa asupan makanan yang justru dapat memperburuk fungsi dan kinerja otak. Makanan seperti apa yang buruk bagi otak? Inilah jenis makanan penyebab menurunnya daya ingat.


Jenis Makanan Penyebab Menurunnya Daya Ingat

Sama halnya seperti aktivitas fisik, otak kita pun butuh asupan nutrisi yang benar-benar dapat mengoptimalkan kinerjannya. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan makan yang kurang baik karena bisa memengaruhi otak secara keseluruhan.

Dengan melakukan aktivitas atau kebiasaan baru tersebut maka anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit atau berbagai gangguan otak. Seperti ataksia, alzheimer, menurunnya daya ingat hingga kanker otak. Berikut adalah jenis makanan penyebab menurunnya daya ingat manusia.

  1. Ikan tuna. Kamu suka ikan tuna? Tidak masalah apabila masih di konsumsi dalam jumlah sedang. Namun bagaimana jika dinikmati secara berlebihan? Maka daya ingat akan menurun. Kenapa? Sebab di dalam ikan tuna terdapat kandungan merkuri yang cukup tinggi. Bahkan dalam kurun waktu yang tidak ditentukan merkuri tersebut bisa menyebabkan disfungsi otak.
  2. Makanan tinggi gula. Biasanya makanan ini lebih banyak di sukai kalangan remaja. Ya, makanan atau minuman tinggi gula seperti pada minuman energi, kopi, anggur merah serta minuman bersoda lainnya dapat menimbulkan penurunan fungsi otak sebanyak 78%.
  3. Hindari pemanis buatan. Aspartam adalah pemanis buatan yang banyak digemari, jika di konsumsi dalam jumlah terbatas mungkin masih aman. Tapi apabila kamu sering menikmati pemanis ini lebih dari jumlah yang ditentukan maka bisa menimbulkan kerusakan saraf otak hingga obesitas.
  4. Kurangi makanan tinggi lemak. Telur, produk susu dan daging dapat memberikan kerugian cukup besar bagi kesehatan otak karena mengandung tinggi lemak jenuh. Berdasarkan penelitian orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak trans dapat berisiko mengalami penyakit alzheimer, menurunnya daya ingat, hingga penurunan kognitif secara signifikan.

Makanan buruk lainnya :

  • Nasi putih dalam porsi banyak
  • Alkohol dan nikotin
  • Suplemen/ obat-obatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *