Gula, Penyebab Utama Dari Peradangan. Apakah Benar?

By | 08/02/2018

Gula, Penyebab Utama Dari Peradangan. Apakah Benar?

Peradangan adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada tubuh. Biasanya tubuh akan mengalami peradangan jika kita merasakan suatu keluhan atau penyakit. Ini dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari makanan, minuman, lingkungan hingga kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari sekali pun bisa menimbulkan peradangan.

Inflamasi atau peradangan yang tidak segera diobati dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit kronis yang cukup parah. Salah satu jenis penyakit yang sering terjadi akibat peradangan adalah diabetes. Pada penderita diabetes, peradangan bisa terus memburuk jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Bahkan jika sudah parah, peradangan tersebut akan membentuk luka yang disebut dengan gargen. Itulah sebabnya mengapa peradangan tidak boleh dianggap sepele karena dampaknya bagi kesehatan sangatlah banyak.

Bukan hanya bisa merusak jaringan dalam tubuh namun juga dapat menyebabkan munculnya penyakit. Lalu apasih sebenarnya yang menimbulkan peradangan ini mudah menyerang tubuh? Apakah benar gula bisa menyebabkan terjadinya peradangan? Untuk mengetahui kepastian sebenarnya, silakan kamu simak penjelasan dibawah ini.


Gula, Penyebab Utama Dari Peradangan. Apakah Benar?

Gula, Penyebab Utama Dari Peradangan. Apakah Benar?

Pada beberapa kasus, peradangan muncul akibat adanya asupan gula yang berlebih. Bahkan menurut penelitian diet tinggi gula bisa memicu terjadinya berbagai penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Studi lainnya berpendapat bahwa seseorang yang makan 40 gram gula tambahan perhari dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan kolesterol tinggi, bahkan cenderung mendapatkan berat badan berlebih.

Kandungan gula yang tinggi biasanya ditemukan pada beberapa makanan favorit seperti kue, soda, minuman berenergi, dan produk fast food lainnya. Selain gula, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat olahan juga telah dikaitkan dengan munculnya peradangan karena mampu meningkatkan risiko diabetes dan penambahan berat badan yang tidak terkontrol.

Kenapa gula bisa menimbulkan peradangan?

  • Karena mengandung banyak produksi AGE. AGE adalah senyawa berbahaya yang terbentuk pada saat lemak tercampur dengan gula. Biasanya ditemukan dalam aliran darah yang dapat memicu terjadinya stres tingkat tinggi dan pembengkakan. 
  • Karena gula sulit untuk dicerna tubuh. Makanan dan partikel lainnya yang sulit dicerna oleh tubuh dapat menyebabkan peningkatan permeabilitas usus yang akhirnya menimbulkan kerusakan atau peradangan pada usus. 

Jika kita terlalu sering mengkonsumsi gula makan ada beberapa masalah jangka panjang yang mungkin terjadi, diantaranya penyakit jantung, kanker, diabetes dan kegemukan. Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh juga terbukti menyebabkan munculnya hati berlemak. Penyebab pastinya sulit dipahami namun beberapa dokter spesialis dan penelitian telah mengklai bahwa hati berlemak bisa terbentuk akibat adanya gula berlebih dalam tubuh. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan kalau gula memang benar-benar dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Untuk itu, membatasi asupan gula adalah hal pertama yang bisa kamu lakukan. Selain dapat meminimasilir risiko yang ada, juga berdampak positif bagi kesehatan jantung.

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *