Flek Haid Berkepanjangan Bisa Menjadi Tanda Penyakit Serius

By | 15/06/2018

Flek Haid Berkepanjangan Bisa Menjadi Tanda Penyakit Serius,- Menstruasi menjadi hal paling umum yang dialami semua wanita di dunia. Umumnya perempuan akan mengalami masa periode sekitar 3-7 hari dengan volume darah yang akan semakin deras pada hari kedua. Sedangkan di hari ketiga dan seterusnya biasanya darah kembali sedikit dan akan berhenti pada hari ke 6 atau ke 7. Pada perempuan normal, darah haid akan berwarna merah terang.

Meski demikian hal tersebut tidak bisa menjadi patokan sebab kekentalan darah dan volumenya juga akan berbeda pada tiap wanita. Lalu apakah flek haid berkepanjangan bisa menjadi tanya penyakit serius? Itulah yang akan kita bahas sekarang. Mengupas fakta dibalik flek haid berkepanjangan bisa menjadi tanda penyakit serius. Kamu ingin tahu informasi mengenai haid berkepanjangan secara lengkap? Mari baca artikel ini hingga selesai.


Flek Haid Berkepanjangan Bisa Menjadi Tanda Penyakit Serius

Flek Haid Berkepanjangan Bisa Menjadi Tanda Penyakit Serius

Memang tidak semua perempuan bisa mendapatkan durasi haid yang sama. Namun seperti yang telah dibahas sebelumnya, mentruasi yang normal berlangsung selama tiga sampai tujuh hari. Bagaimana jika menstruasi berlangsung lama? Kondisi ini biasanya disebut dengan menorrhgia (menstruasi yang melebihi batas waktu satu minggu). Lantas apakah ini kondisi yang normal? Menurut beberapa pakar kesehatan apabila wanita mengalami durasi haid yang berkepanjangan maka hal tersebut tergolong tidak normal, dan kondisi berbanding terbalik apabila kamu telah memasuki masa menopause sekitar usia 45-55 tahun. Baru itu dikatakan normal.

Apa saja yang menjadi penyebab dari munculnya menorrhgia?

Penyebab utama yang memicu terjadinya haid berkepanjangan yaitu ketidakseimbangan hormonal. Selain itu, kenaikan berat badan juga dianggap berpengaruh karena perempuan memiliki hormon etsrogen yang mana fungsinya membantu rahim mendapatkan lingkungan yang nyaman dan menguntungkan pembuahan janin. Nah, jika kamu mengalami kenaikan berat badan atau obesitas maka secara otomatis akan hadir pula sel-sel lemak tambahan yang pada akhirnya menghasilkan estron.

Jika sampai hal ini terjadi bukan hal yang mustahil apabila estron tersebut terus melapisi dinding rahim sehingga masa periode berlangsung lebih lama dari biasanya. Adapun berbagai penyebab lain yang memicu haid berkepanjangan yaitu penggunaan Pil KB. Berdasarkan ilmu kedokteran KB hormon merupakan penyebab paling sering dialami oleh perempuan yang mengalami haid berkepanjangan. Bukan cuma bisa mengubah durasi namun Pil KB juga dapat mengubah frekuensi dan pendarahan yang keluar pada masa periode.

Oleh karena itu seorang ahli medis menyarankan kalau wanita tidak boleh terlalu sering gonta-ganti Pil KB sebab dampaknya bukan cuma pada masa periode saja namun juga mampu memicu tumbuhnya penyakit serius seperti tumor jinak sebagai efek samping gonta ganti pil KB.  Jadi kalau kamu sudah menggunakan satu pil KB jangan sering diganti-ganti ya karena bisa jadi hal tersebutlah yang menyebabkan menstruasimu menjadi tidak lancar dan berlangsung lebih lama dari biasanya. Berikut di bawah ini kondisi serius yang ditandai dengan munculnya flek haid berkepanjangan.

  • Adenomiosis
  • Hiperplasia endometrium
  • Kista, polip, atau fibroid rahim
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Infeksi rahim atau kanker serviks

Jika anda mengalami gejala-gejala lain yang disertai dengan kemunculan flek haid berkepanjangan sebaiknya segera periksa ke rumah sakit terdekat. Di khawatirkan berbagai kondisi di atas mengintai anda, jika dilakukan pemeriksaan langsung maka dokter akan memberikan solusi yang tepat guna mencegah dan menghambat pertumbuhan penyakit tersebut. 

Posted by : Http://Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *