Efek Rutin Makan Petai Bagi Kesehatan Tubuh

By | 26/01/2019

Efek Rutin Makan Petai Bagi Kesehatan Tubuh,- Petai merupakan salah satu kudapan lezat yang bisa didapatkan dengan mudah di seluruh Nusantara. Petai mempunyai biji pipih dan panjang yang menyerupai kacang almond. Bagi sebagian orang, mereka tidak keberatan dengan bau tersebut karena petai memiliki rasa yang lezat, namun untuk sebagiannya lagi mereka kurang suka dengan petai karena bau yang dihasilkan terlalu menyengat.

Apalagi kalau mau buang air kecil, baunya sudah pasti akan menguasai seluruh bagian kamar mandi. Kendati begitu, tetap saja petai menjadi makanan favorit yang sedap dimakan dengan sambal. Nutrisi yang terkandung dalam petai cukup banyak bahkan proteinnya menyapai 6,0 – 27,5 gram. Tak kalah hebat dari itu, petai juga mengandung vitamin C tinggi yang setara dengan 19,3 mg. Lalu apa sih manfaat yang bisa kita ambil dari petai ini?


Efek Rutin Makan Petai Bagi Kesehatan Tubuh


Efek Rutin Makan Petai Bagi Kesehatan Tubuh

Efek rutin makan petai bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya ;

♥ Melawan bakteri

Bakteri bisa muncul kapan saja dan kita juga tidak akan tahu, kapan bakteri masuk ke tubuh dan merusak jaringan didalamnya. Meksi begitu, kamu tak perlu khawatir, karena ekstrak biji petai ternyata dapat menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Biji petai memiliki kandungan hexathionine dan trithiolane yang bersifat antibakteri.

Sejauh ini berbagai penelitian juga telah menegaskan bahwa biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif. Tentu ini sangat bermanfaat bukan bagi tubuh kita? Ya meski memang, rasa petai itu sedikit pahit dan meninggalkan bau yang kurang sedap, tapi kalau melihat manfaatnya tidak ada salahnya kalau kamu coba makan petai.

♥ Menurunkan gula darah

Selain ampuh menghalau bakteri-bakteri jahat, faktanya petai juga berpontensi menurunkan gula darah. Ini dikarenakan petai mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang bisa menurunkan gula darah. Pernyataan ini tidak didapatkan begitu saja, bahkan didukung dengan adanya penelitian pada hewan uji coba yang mengidap diabetes. Alhasil, petai ini cukup mempunyai efek yang bagus apabila dikonsumsi rutin, pastinya dalam dosis yang sesuai juga.

♥ Antioksidan

Flavonoid yang terkandung dalam petai mampu berperan sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas yang ditemukan pada beberapa kondisi. Seperti penderita diabetes, kanker dan aterosklerosis atau penyumbatan arteri. Bahkan dalam sebuah studi dikatakan bahwa antioksidan dalam petai merupakan paling tinggi dibandingkan dengan tumbuhan lainnya.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa petai memang termasuk ke dalam tumbuhan yang cukup efektif melawan efek radikal bebas. Kamu punya keluhan seputar diabetes? Cobalah makan petai, siapa tau hasilnya sama memuaskan.

♥ Mengurangi kadar kolesterol

Antioksidan dan zat lainnya dalam petai berkontribusi mengurangi kadar kolesterol jahat pada seseorang. Cara kerjanya juga tidak kalah cepat dengan beberapa resep medis, bahkan petai diketahui lebih gesit dalam mengontrol kadar kolesterol. Dengan begini, maka dipastikan kolesterol jahat lebih mudah disingkirkan dari tubuh.

♥ Obat alami sakit jantung

Banyaknya kemampuan petai dalam menyingkirkan penyakit, termasuk kolesterol tinggi dan hipertensi juga mampu mambantu mengurangi rasa sakit pada penderita jantung. Hal ini pastinya menguntungkan karena dengan mengkonsumsi makanan sederhana, kamu sudah bisa menjaga kesehatan jantung dengan baik. Tapi tetap ya, jangan lupakan porsi standarnya.

♥ Mengatasi PMS

PMS atau Pre Menstrual Syndrome adalah kondisi yang kerap dialami perempuan. Lebih tepatnya, ini merupakan kondisi dimana mood dan emosi wanita cepat berubah. Kadang baik, tiba-tiba pengen marah, atau pun nangis. Hal tersebut memang wajar, tapi kamu sendiri pastinya akan risih dong kalau tiap mau haid harus terserang PMS. Nah, solusinya coba makan petai.

Petai ini mempunyai kandungan zat tryptophan yang berfungsi untuk mengatur kada gula darah dalam tubuh. Kalau kadar gula stabil, dijamin PMS bakalan hilang. Apalagi di dalam petai juga terdapat vitamin B1 yang bermanfaat memperbaiki dan mengatur mood buruk.

Begitulah efek rutin makan petai bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan. Meskipun baunya cukup menyengat tapi manfaatnya bagi kesehatan sangat banyak. Jadi kamu tak perlu menghiraukan rasa bau yang ditimbulkan, karena dengan petai tubuhmu bisa lebih sehat. Khusus untuk kamu yang punya penyakit serius sebaiknya konsultasikan dulu dengan Dokter, dikhawatirkan tidak cocok dan malah memperburuk kondisi. 

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *