Dampak Buruk Dari Kebiasaan Mandi Terlalu Lama

By | 16/11/2018

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Mandi Terlalu Lama

Siapa nih yang suka lama-lama di kamar mandi?

Mandi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan badan dari kuman serta kotoran lainnya. Mandi memang bisa bikin tubuh jadi terlihat lebih segar apalagi kalau siang hari saat cuaca sedang panas, bukan cuma menyegarkan tapi juga dapat membuat mood kembali membaik. Tapi.. Jangan dibiasakan berlama-lama di kamar mandi ya karena mandi terlalu lama bukan malah bagus untuk kesehatan, namun sebaliknya. Mandi terlalu lama justru akan mengundang banyak gangguan kesehatan sehingga tubuh rentan terhadap penyakit.

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Mandi Terlalu Lama

Lantas apa saja dampak buruk yang diterima tubuh jika kita punya kebiasaan mandi terlalu lama? Menurut Dokter ahli kesehatan kulit, beberapa dampak dibawah ini bisa dirasakan oleh mereka yang suka mandi lama. Biar gak penasaran, yuk cermati satu persatu poin berikut ↵

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Mandi Terlalu Lama

♠ Merusak jaringan kulit bagian dalam

Jika kamu memiliki kebiasaan mandi terlalu lama, sebaiknya STOP dari sekarang, apalagi kalau kamu sering mandi menggunakan air hangat. Pulang kerja memang waktu yang pas buat berendam di air hangat, karena selain bisa membuat tubuh rileks juga menyegarkan pikiran. Namun kamu juga perlu berhati-hati pasalnya mandi terlalu lama dengan air hangat dapat membuat jaringan kulit rusak dan meradang.

Lebih parahnya, jika dilakukan terus-menerus lama kelamaan akan menimbullkan sensasi gatal yang disertai dengan warna kemerahaan pada kulit sebagai bentuk dari adanya iritasi yang mengintai. Nah lho, serem kan kalau udah kayak gini! Niat mau membersihkan badan, tapi malah kena masalah kulit. Jadi jangan dibiasakan mandi terlalu lama ya..

♠ Menghilangkan perlindungan alami kulit

Kulit mempunyai lapisan pelindung tersendiri yang terbentuk secara alamiah. Mungkin kamu merasa nyaman bisa lebih lama di dalam air, tapi hal tersebut berbanding terbalik bagi kesehatan kulitmu. Bukan nyaman tapi malah rusak, hal ini dikarenakan keseimbangan pada pelindung kulit akan terganggu jika demikian maka kulit tidak bisa lagi melindungi dirinya dari serangan iritasi. Kalau sudah begini, yakin deh kamu juga yang bakalan gak nyaman karena kulit jadi sering bermasalah. Jadi gimana? masih mau melakukan kebiasaan kurang baik yang satu ini?

♠ Menyebabkan pusing berkepanjangan

Mungkin kamu akan menganggap informasi ini lelucon, karena kalau di pikir pakai logika, memang kurang masuk akal. Namun faktanya memang begitu. Mandi terlalu lama bisa menyebabkan pusing berkepanjangan apalagi kalau sambil keramas, lengkap sudah! Hal ini terjadi akibat tekanan darah yang terus turun saat kamu berada di air dalam waktu yang lama. Apalagi kalau di bawah shower, selain tekanan darah yang turun pembuluh darah juga akan melebar sehingga tidak heran kalau kamu merasakan sensasi pusing. 

♠ Perubahan warna kulit

Dampak berikutnya dari kebiasaan mandi terlalu lama yang harus diwaspadai adalah perubahan warna kulit. Kulit yang semula terlihat putih akan mengalami perubahan, kalau pakai air dingin biasanya akan terlihat lebih pucat dari sebelum kamu mandi. Bukan malah segar tapi kamu akan dikira mayat, sedangkan kalau kamu menggunakan air hangat untuk mandi, biasanya kulit akan berubah menjadi kemerahan, bisa-bisa habis mandi malah kayak kepiting rebus deh itu badan 😀 

Itulah beberapa dampak buruk dari kebiasaan mandi terlalu lama yang kerap menyerang tubuh. Semoga informasinya bermanfaat, terlebih bagi kamu penderita eksim. Sebaiknya jangan membiasakan diri berlama-lama di air karena eksim bisa tambah parah. Hal ini dikarenakan mandi terlalu lama dapat memicu tumbuhnya kulit kering, nah kulit kering tersebut biasanya akan langsung mengiritasi area disekitar eksim. Seperti yang kita ketahui, dalam sabun terkandung sejumlah zat kimia yang mampu mengikat sebum hingga akhirnya minyak alami yang dihasilkan kulit juga ikut hilang.

Posted by : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *