Dampak Buruk Dari Kebiasaan Makan Sambil Berdiri

By | 17/02/2018

Dampak Buruk Dari Kebiasaan Makan Sambil Berdiri,- Pada zamat dahulu orang Yunani dan Roma kuno memiliki kebiasaan makan sambil berbaring, dan baru-baru ini banyak pula orang yang mempunyai kebiasaan makan sambil berdiri. Entah bertujuan untuk menghemat waktu atau bukan, namun yang pasti kebiasaan ini sangat buruk bagi sistem pencernaan dan bisa membuat anda makan melebihi porsi pada umumnya. 

Kenapa makan sambil berdiri buruk untuk kesehatan?

Ada banyak faktor yang menjadi alasan kuat mengapa makan sambil berdiri tidak dianjurkan. Paling logis, makanan akan menguap lebih lama di dalam perut dan menghambat proses pencernaan. Meski bahaya dari makan sambil berdiri ini sudah banyak diberitahukan melalui media sosial dan artikel, namun tampaknya masih banyak orang yang beranggapan kalau makan sambil berdiri bermanfaat untuk mempercepat penurunan berat badan.

Padahal, jika ditelusuri lebih jauh. Dampak makan sambil berdiri ini justru akan membuat kita terlihat lebih gemuk alias mengalami kenaikan berat badan.  Berdiri bisa membakar kalori? Itu benar, bahkan mencapai 50%. Tapi bukan berarti kamu harus makan sambil berdiri juga. Makan sembari duduk dan menikmati pemandangan jauh lebih dianjurkan dibandingkan berdiri. Ini karena makan sambil duduk memiliki banyak manfaat. Lalu apa sebenarnya dampak yang akan muncul jika kita membiasakan makan sambil berdiri?


Dampak Buruk Dari Kebiasaan Makan Sambil Berdiri


Ada banyak dampak buruk dari makan sambil berdiri bagi kesehatan, diantaranya adalah ;

Asam lambung naik

Makan sambil berdiri dapat menyebabkan asam lambung naik secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan efek dari bumbu masakan yang dapat merangsang asam lambung. Jika dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan sensasi panas dan menimbulkan luka pada area dinding lambung dan sekitarnya. Maka dari itu, pastikan anda tidak membiasakan diri makan sambil berdiri, sebab dampaknya cukup merugikan.

Menyebabkan perut kembung

Pernahkah anda mengalami perut kembung setelah makan sambil berdiri? Bingung dan tidak tau penyebabnya? Hal ini terjadi akibat pencernaan lambat memproses makanan sehingga nutrisi yang tersaring dari makanan bersentuhan dengan dinding usus sehingga menimbulkan kesulitan bagi tubuh untuk mencernanya. 

Menurunkan fungsi ginjal

Ginjal memiliki peranan penting pada proses pencernaan makanan, jika anda memiliki kebiasaan makan sambil berdiri maka ini akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal. Mengapa? Karena fungsi ginjal akan menurun ketika anda mengunyah dengan posisi berdiri. Pada akhirnya, ginjal bekerja kurang optimal dalam menyaring makanan.

Menyebabkan mules

Makanan yang masuk ke dalam pencernaan tanpa proses penyaringan dapat menimbulkan sensasi mules. Ini terjadi karena makanan langsung masuk ke perut bahkan dalam kasus yang sudah parah, kebiasaan makan sambl berdiri ini bisa menyebabkan perut panas. Jadi usahakan untuk tidak makan sambil berdiri, itu pun kalau kamu sayang organ dalam tubuh.

Tidak bisa mencairkan kadar asam

Posisi berdiri akan mengganggu proses pengenceran kadar asam dalam tubuh. Idealnya, makanan yang dinikmati saat duduk perlahan dapat menyesuaikan kebutuhan tubuh akan berbagai hal termasuk menipiskan kadar asam dalam darah.

Nah itulah beragam dampak buruk yang bisa dirasakan dari kebiasaan makan sambil berdiri. Adapun hal yang harus dilakukan yaitu lebih memerhatikan kebiasaan baru yang lebih sehat. Makan sambil duduk bukan hanya memberikan kenyamanan fisik melainkan juga membantu ginjal menyaring bakanan dengan baik. Bukan hanya itu, makan sambil duduk juga dapat memusatkan semua indra terhadap makanan yang sedang di santap sehingga lebih fokus untuk menikmati makanan, pastinya lebih mudah mengontrol porsi makan. 

Posted By ; Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *