Cara Mudah Cegah Demam Berdarah Di Musim Hujan

By | 29/01/2019

Cara Mudah Cegah Demam Berdarah Di Musim Hujan,- Demam berdarah atau DBD merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul di musim hujan. Banyaknya genangan air membuat jentik-jentik nyamuk hinggap dan melakukan perkembangbiakan disana. Jika dibiarkan begitu saja, nyamuk tersebut akan menghisap darah manusia dan menyebabkan terbentuknya penyakit demam berdarah. Itu sebabnya, kenapa orangtua sering mengingatkan untuk selalu menggunakan pakaian panjang dan tertutup ketika musim hujan berlangsung.

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat, juga melindungi diri agar tidak terinfeksi demam berdarah. Demam berdarah sendiri awalnya disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Gejala yang muncul pun cukup beragam mulai dari nyeri otot, demam tinggi, munculnya ruam atau bintik-bintik merah di kulit, penurunan tekanan darah hingga dalam kasus yang sudah parah DBD sering menyebabkan pendarahan serius pada penderitanya.


Cara Mudah Cegah Demam Berdarah Di Musim Hujan


Curah hujan yang semakin tinggi dapat memperbesar peluang seseorang terinfeksi virus dengue, maka dari itu penting untuk kamu selalu menjaga kondisi tubuh ketika musim hujan berlangsung. Kalau bisa, pastikan di lingkungan sekitar rumah tidak ada genangan air baik itu dari botol bekas maupun plastik untuk mengurangi risiko terserang penyakit demam berdarah. Lebih dari itu, berikut cara mudah cegah demam berdarah di musim hujan yang bisa kamu lakukan sekarang juga.

Cara Mudah Cegah Demam Berdarah Di Musim Hujan

Pertama, pastikan kamar mandi selalu bersih

Semua harus dimulai dari hal yang kecil, begitu pula dengan kebersihan. Pastikan kamar mandi milikmu selalu bersih supaya tidak ada sarang untuk si nyamuk berkembang biak. Selain itu, kuras bak mandi minimal satu minggu sekali agar tetap dalam keadaan yang bersih. Dengan begini maka kamu mundur satu langkah dari risiko demam berdarah. 

Kenapa air menjadi hal pertama yang harus diperhatikan? Karena larva nyamuk seringkali bertelur dan menetas dalam air, kemudian larva nyamuk tersebut akan melepaskan kulit pelindung mereka. Ketika sudah kuat, maka nyamuk akan siap untuk terbang. Kalau sudah begini, bisa-bisa nyamuk tersebut menginfeksi tubuh hingga pada akhirnya terbentuklah demam berdarah. Jika tidak ingin hal ini terjadi, silakan perhatikan kebersihan kamar mandi mulai dari sekarang.

Buang kebiasaan menggantung pakaian

Pakaian yang dibiarkan menggantung terlalu lama dapat digunakan sebagai sarang nyamuk. Memang tidak dilakukan sebagai tempat penetasan, namun tumpukan baju kotor kerap dijadikan nyamuk sebagai tempat untuk hinggap. Ini terjadi, karena nyamuk sangat menyukai aroma tubuh manusia, itu alasannya mengapa kamu harus lebih bijak dalam mengurus pakaian. Jika sekiranya tidak dipakai lagi, langsung saja cuci jangan dibiarkan menumpuk di kamar, nanti kalau sudah menginfeksi tubuh bisa-bisa kamu terserang penyakit yang lebih serius dari demam berdarah.

Selalu gunakan lotion anti nyamuk

Baik di musim hujan atau bukan, kita tidak akan tau kapan nyamuk akan menghampiri dan menginfeksi tubuh. Untuk mensiasatinya, kamu bisa memakai lotion anti nyamuk ketika hendak bepergian. Terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, seperti tangan atau kaki. Perlindungan pun tampaknya tidak berhenti sampai disitu, meski kamu tidak bepergian dan sekadar bersantai atau tidur lebih baik tetap gunakan lotion anti nyamuk. Selain lotion, kamu juga bisa menggunakan kelambu untuk melindungi tubuh di malam hari supaya nyamuk tidak mengganggu.

Cara-cara yang lainnya

Jika kamu sudah mulai terinfeksi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau klinik terdekat. Hal ini sangat dianjurkan supaya kondisi tidak semakin buruk, bukan itu saja kalau kamu demam tinggi tak kunjung reda disertai dengan nyeri pada bagian otot dan sendi juga harus segera dilakukan pengobatan. Hal ini patut dilaksanakan guna mencegah terjadinya penyebaran virus dengue sehingga daya tahan tubuh bisa tertolong. Paling penting, ketika musim hujan berlangsung kamu harus pandai menjaga sistem imunitas karena faktor utama seseorang terserang DBD adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. 

Posted By : Apotikqnc.om

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *