Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

By | 24/03/2018

Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil,- Hormon adalah pembawa pesan kimia yang sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kesehatan. Hormon juga mampu mengendalikan nafsu makan, berat badan hingga mood seseorang. Selain itu, hormon pun dialirkan melalui kelenjar, tiroid, ovarium, testis, dan lain sebagainya. Seseorang dikatakan mengalami ketidakseimbangan hormon apabila tubuh tidak bisa mengedarkan hormon tersebut ke berbagai jaringan dengan takaran yang sama, dan jika hal ini sampai terjadi maka pengaruhnya terhadap kesehatan sangatlah besar.

Bukan hanya pertumbuhan jerawat tetapi juga siklus menstruasi pun akan ikut terganggu. Mengapa demikian? Sebab hormon estrogen dan progesteron mengalami ketidakseimbangan yang signifikan sehingga berimbas pada periode menstruasi. Tahukah anda? Perubahan payudara adalah satu tanda serius dari ketidakseimbangan hormon yang diakibatkan oleh menurunnya hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Ciri lain dari ketidakseimbangan hormon

  • Pusing
  • Mudah lelah
  • Gangguan tidur
  • Perubahan mood
  • Kering dibagian vagina
  • Adanya perubahan nafsu makan
  • Dan lain-lain.

Lalu apa yang bisa dilakukan jika seseorang sudah mengidap ketidakseimbangan hormon? Pada dasarnya banyak sekali solusi yang dapat dicoba. Mulai dari rutin melakukan olahraga hingga mengikuti terapi hormon sintesis. Namun sayang, hasil dari terapi tersebut tidaklah permanen dan hanya bersifat sementara. Selain itu,banyak juga penderita kelainan hormonal yang mendapatkan efek samping dari terapi tersebut. Seperti ketergantungan pada resep obat, hanya sebagai penutup gejala dan bukan solusi serta berisiko mengembangkan efek samping yang mungkin terjadi.

Berkaca dari pengalaman mereka, sebaiknya lakukan cara alami terlebih dahulu sebelum beralih dan menggunakan cara instan. Hasil dari pengobatan alami memang cenderung lamban, namun setidaknya kamu beruntung karena dapat terhindar dari berbagai risiko yang ada. Berikut cara menjaga keseimbangan hormon agar tetap stabil.


Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil


Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

Berbagai cara tampaknya bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan hormon agar tetap stabil. Tapi ingat, semua itu akan sia-sia apabila kamu tak memerhatikan asupanan makanan sedikit pun. Karena pada intinya, makanan selalu mempunyai peranan tersendiri dalam menjaga kesehatan organ tubuh secara keseluruhan. Jadi, kalau kamu ingin menjaga keseimbangan hormon agar tetap stabil. Cobalah pertimbangkan beberapa hal di bawah ini.Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

1. Perbanyak asupan protein.

Asupan protein tinggi sangat penting bagi kesehatan, termasuk untuk menstabilkan kadar hormon. Protein mampu menyediakan asam amino esensial dimana ini adalah kandungan yang tidak mampu diproduksi tubuh dan anda bisa mendapatkannya dari makanan. Kenapa harus memperbanyak asupan protein? Dalam beberapa hasil uji klinis yang dilakukan oleh berbagai penelitian mengungkapkan bahwa asupan protein yang tercukupi mampu menjaga kesehatan otot, tulang, kulit dan mampu memengaruhi pelepasan hormon penekan nafsu makan.

Sehingga anda tidak mudah lapar. Protein juga berfungsi untuk mengendalikan mood sehingga wajah tidak mudah dipenuhi dengan jerawat. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa jerawat yang muncul merupakan satu gejala bahwa anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

2. Minum air putih lebih banyak

Tubuh manusia 99% mengandung air. Jika kebutuhan mineral tidak tercukupi dengan baik, maka bukan hormon saja yang terkena dampaknya. Kulit, otot, sendi dan beberapa organ lainnya pun akan ikut terpengaruh. Itulah sebabnya kenapa air sangat penting bagi manusia. Selain mampu menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi juga dapat menjaga keseimbangan hormon agar tetap stabil.Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

3. Konsumsi Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu mengatasi ketidakseimbangan hormon. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan kulit dan terhindar berbagai faktor penyebab yang bisa merusak keseimbangan hormon. Adapun manfaat lain dari brokoli bagi kesehatan diantaranya membersihkan racun dalam tubuh, mencegah penyebaran virus atau bakteri jahat.

4. Nikmati kelezatan buah Alpukat

Kandungan vitamin dan minyak alami dalam buah alpukat dapat mempromosikan kesehatan kulit dan keseimbangan hormon secara menyeluruh. Bahkan minyak esensial yang dihasilkan buah ini, mampu menggantikan lemak jenuh dalam tubuh sehingga sangat direkomendasikan pula bagi anda yang sedang menjalani program diet.Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

5. Minum jus jeruk

Nilai tinggi vitamin C dalam jeruk mampu menstabilkan hormon estrogen dan progesteron dimana kedua hormon tersebut sangat penting pada pelepasan sel telur yang sudah matang dalam tubuh wanita. Sedangkan untuk pria, jeruk berfungsi untuk mengembalikan fungsi hormon testosteron yang berpengaruh pada peningkatan libido.

6. Kurangi makan gorengan dan lain sebagainya.

Mengurangi atau bahkan menghindari gorengan, adalah cara lain yang bisa anda coba untuk menjaga keseimbangan hormon agar tetap stabil. Hal ini dikarenakan dalam gorengan terdapat kandungan gizi yang cukup buruk sehingga apabila dikonsumsi terlalu sering dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang ditandai dengan gejala awal munculnya jerawat.

7. Rutin melakukan olahraga

Menurut sebuah studi di beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rutin melakukan olahraga dapat menjaga keseimbangan hormonal sehingga kinerjanya lebih optimal. Tak sampai disitu saja, bahkan olahraga pun bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh bisa lebih selektif dalam memproses glukosa dan gula.Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

8. Meditasi

Bukan kali ini saja seseorang disarankan untuk bermeditasi. Bahkan pada beberapa tahun ke belakangan, meditasi dan aroma terapi seringkali dikaitkan dengan keseimbangan hormonal. Oleh karenanya, anda pun patut mencoba aktivitas ini. Lakukan meditasi dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari supaya kadar hormon dalam tubuh tetap terkontrol dan stabil.

9. Menghindari stres

Salah satu pemicu terbesar dari ketidakseimbangan hormon adalah stres. Cobalah untuk menghindari stres karena selain berpengaruh pada keseimbangan hormon juga berdampak buruk bagi kesehatan secara menyeluruh.Cara Menjaga Keseimbangan Hormon Agar Tetap Stabil

Cara lain yang bisa dicoba untuk menjaga keseimbangan hormon adalah dengan menghindari xenoestrogen (zat perusak hormon). Kandungan tersebut biasa ditemukan dalam plastik dan juga makanan yang mengandung tinggi bahan pengawet. Itulah alasannya kenapa plastik tidak boleh digunakan sebagai pembungkus makanan. Selain dapat merusak kadar hormon dalam tubuh juga bisa memicu pertumbuhan penyakit tumor dan kanker. 

Terlepas dari berbagai alasan, faktanya ketidakseimbangan hormon tidak hanya muncul dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tetapi juga bisa timbul akibat salah memilih produk kosmetik seperti pencuci, pelembab, bedak dan masker wajah. Yang mana bahan-bahan pada produk kecantikan dua kali lebih berpengaruh pada keseimbangan hormon manusia. Semoga bermanfaat, salam sehat!

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *