Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

By | 15/10/2018

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak,- Anak susah makan bisa menjadi salah satu hal paling mengkhawatirkan bagi para orangtua. Apalagi jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, bunda pasti tidak akan tinggal diam begitu saja kan? Makan merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan tumbuh kembang yang baik. Maka tak heran, jika banyak orangtua yang merasa takut apabila si kecil susah makan. Bukan hanya akan berdampak pada berat badan namun juga bisa mengganggu pertumbuhannya.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Sebenarnya banyak cara yang bisa bunda lakukan di rumah untuk mengembalikan nafsu makan si kecil. Normalnya anak usia 1 sampai 6 tahun membutuhkan 1.600 kalori, jika asupan gizinya kurang dari angka tersebut maka anak tersebut dikatakan kekurangan gizi. Nah, untuk mencegah hal itu maka orangtua harus lebih cerdas ketika membujuk si kecil agar mau makan. Daripada bunda cemas sendirian, lebih baik simak berbagai cara meningkatkan nafsu makan pada anak berikut ini ↵

Hindari memaksa anak untuk makan

Jika anak tidak mau makan sebaiknya jangan dipaksa dan tunggu sampai ia mengatakan “mau makan”. Memaksa anak bukan cara yang baik supaya dia bisa makan. Justru ini akan berdampak sebaliknya, si kecil akan semakin enggan untuk menikmati hidangan. Jadi buat para bunda di rumah, mulailah untuk membiasakan diri tidak memaksa. Karena hal tersebut bukan cara yang baik untuk membujuk si kecil.

Buat hidangan yang lebih bervariasi

Jika hari ini bunda memberikan nasi goreng, maka besok cobalah untuk membuat menu lain. Selain tidak membosankan, mengganti menu makanan juga dapat menggugah selera makan si kecil. Ia akan penasaran dengan rasa dari makan tersebut dan akhirnya bersemangat untuk makan. Lebih bagus lagi, kalau ditambah dengan tampilan yang lucu serta kreatif. Bukan cuma bisa membuatnya lahap menyantap makanan, namun si kecil juga akan senang karena makanannya dikemas dalam bentuk yang berbeda-beda.

Selain nasi, berikan juga camilan

Tidak seperti orang dewasa yang sudah mengerti dan paham. Anak kecil cenderung sulit untuk menghabiskan nasi satu piring penuh. Bahkan biasanya ia juga akan makan kurang dari sepertiga nasi dalam piring. Seperti yang telah dikatakan di poin pertama, ketika si kecil mengalami kondisi ini bunda jangan memaksanya untuk menghabiskan makanan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Berikan camilan yang sehat untuk si kecil, dengan begini bunda gak perlu khawatir lagi kalau si kecil makan dalam porsi yang sedikit. Supaya anak mengetahui mana camilan sehat dan bukan, alangkah baiknya kalau bunda membuatnya sendiri di rumah. Gak perlu bingung, ada banyak camilan sehat nan lezat yang bisa bunda buat kok misalnya membuat salad buah atau es buah dengan bahan pokok buah-buahan.


Semua cara sudah dicoba namun si kecil tetap susah makan?

Kenali penyebab pastinya hanya Di sini.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Meski banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan anak sulit makan, namun sulit makan pada anak lebih cenderung diakibatkan oleh faktor psikologis serta adanya gangguan kesehatan tertentu yang menyerang tubuh si kecil. Mungkin yang bunda ketahui selama ini, cacingan lah satu-satunya penyebab anak susah makan. Faktanya, ada yang jauh lebih serius dari penyakit cacingan. Lantas apa saja penyebab dari anak susah makan? Berdasarkan sebuah study, adanya gangguan pada sistem saraf dapat memengaruhi pola makan anak kecil, ini dikarenakan makanan dan pembentukan saraf yang saling berkaitan erat.

Ya bagaimana tidak? Tubuh akan sulit merancang susunan saraf apabila tidak ada asupan makanan. Itulah sebabnya mengapa anak kecil harus benar-benar menyantap makanan sehat karena jika tidak, maka hal ini akan berpengaruh besar pada sistem saraf. Lebih dikhawatirkan, jika si kecil sudah mengalami demam tinggi dan panas, bunda sangat disarankan untuk langsung memeriksakannya ke klinik terdekat sebelum gangguan yang lebih parah menyerang tubuhnya.

Tidak mau makan memang hal sepele dan biasa, namun jika terjadi secara terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan kalau si kecil juga terserang penyakit TB. Seperti yang kita ketahui, TB tidak hanya menyerang orang dewasa namun anak kecil juga. Jika si anak tidak nafsu makan selama berhari-hari maka bunda harus merasa was-was, dikhawatirkan ia mengalami penyakit TB. Penyakit Tuberculosis bukan hanya dapat menyebabkan penderitanya mengalami batuk-batuk namun juga mampu menurunkan nafsu makan. Apalagi jika berat badannya susah naik dan anak tidak bergairah. 

Nah berikut adalah beberapa cara meningkatkan nafsu makan pada anak yang bisa bunda lakukan dirumah. Jika cara tersebut tidak ada yang berhasil, langsung konsultasikan dengan pakar kesehatan agar bisa ditindak lanjuti dengan benar, tentunya diberikan pula jenis pengobatan yang sesuai. Anda juga bisa konsultasi dengan kami untuk membicarakan solusi/ pengobatan apa yang sebaiknya digunakan untuk anak yang memiliki gangguan makan.

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *