Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

By | 29/03/2018

Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima,- Diare adalah kondisi encernya tinja yang dikeluarkan dengan voleme buang air besar lebih sering dari biasanya. Secara umum, diare bisa diakibatkan oleh salah mengkonsumsi makanan atau terlalu banyak minum minuman dingin seperti es krim, air dingin hingga adanya infeksi virus atau bakteri. Kondisi diare yang normal biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Namun tak jarang pula apabila pada sebagian kasus banyak yang mengalami diare lebih dari 2 hari hingga beberapa minggu. Jika kamu sudah mengalami penyakit diare selama berminggu-minggu hingga bulanan, maka kondisi ini tidak bisa dianggap sepele lagi.

Terlebih di Indonesia sendiri penyakit diare menduduki peringkat ke 13 sebagai penyebab kematian terbesar pada manusia tanpa mengenal usia. Bukan itu saja, diare pun ternyata sangat berakibat fatal karena dapat menyebabkan dehidrasi bagi si penderita, tentunya ini terjadi akibat tubuh yang terlalu banyak mengeluarkan cairan. Gejala diare pun cukup beragam, pada awalanya kamu akan mengalami sakit perut, kram perut, dan tinja encer seperti air. Namun apabila diare yang dialami sudah parah tak menutup kemungkinan akan menimbulkan demam dan kram perut yang sangat hebat.

Apa yang menyebabkan seseorang mengalami diare?

Penyakit diare bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Diare mungkin mempunyai hubungan dengan adanya infeksi virus atau bakteri. Terkadang, diare juga timbul sebagai dampak dari keracunan makanan. Berikut beberapa penyebab diare paling umum dan sering terjadi :

  • Efek samping obat-obatan
  • Adanya penyakit usus dan alergi makanan
  • Pernah melakukan operasi kandung empedu atau organ lambung
  • Infeksi virus. Ini adalah penyebab terbesar dari munculnya penyakit diare pada anak
  • Infeksi bakteri. Biasanya terdapat pada makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi

Itulah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan munculnya diare pada seseorang. Jika kondisi masih ringan biasanya cukup diobati menggunaan obat warung dan akan sembuh setelah beberapa hari. Namun apabila kondisi semakin parah maka harus segera memerikasakan diri ke dokter. Biasanya akan diberikan antibiotik sebagai pereda sembelit atau kram pada perut. Adapun cara alami yang lebih efektif untuk mengatasi penyakit diare adalah dengan mencoba pengobatan diare menggunakan buah delima. Bagaimana caranya? Inilah cara mengobati diare dengan buah delima yang dapat dicoba.


Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima


Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

Pada saat diare menyerang, umumnya orang akan minum oralit supaya diare berhenti. Benar sekali kalau oralit bisa menghentikan diare, namun patut diketahui bahwa ternyata buah delima juga bisa digunakan sebagai obat untuk memberantas diare paling aman, efektif dan tentunya alami. Untuk mengobati diare yang tak kunjung sembuh, kamu bisa menikmati buah ini secara langsung dengan porsi secukupnya.Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

Kenapa delima bisa mengobati diare?

Buah delima mempunyai berbagai nurtisi penting untuk tubuh, dan kandungan paling besar yang terdapat dalam buah delima adalah antioksidan, anti inflamasi serta antosianin. Dimana senyawa tersebut dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan patogen helicobacter pylori yang menjadi virus penyebab diare. Selain itu, delima juga dinobatkan sebagai buah dengan kandungan anti inflamasi terbesar yang mencapai tiga kali lebih banyak dari jenis buah lainnya.

Nutrisi lainnya yang bisa ditemukan dalam buah delima adalah vitamin A, B3 dan vitamin C sekitar 40 persen. Ini adalah kandungan gizi terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sedangkan zat besi, serat, dan mineral dalam delima bermanfaat sebagai pendamping diet paling ideal bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Berdasarkan banyaknya kandungan zat positif dalam delima, tidak salah apabila banyak para ahli kesehatan dan penelitian yang menjadikannya sebagai obat alami untuk mengatasi diare paling manjur.

Bahkan dalam pengobatan india, delima sering dimanfaatkan sebagai penurun darah tinggi karena terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan mengembalikan fungsi saraf sebagai mana mestinya. Hal yang tak kalah menariknya yaitu delima juga berkhasiat untuk menghambat dan menecegah kembalinya kanker prostat pada pria. Anda bisa konsumsi delima dengan cara dibuat menjadi segelas jus segar dan tentunya tanpa dicampur dengan bahan lain.Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan antioksidan dalam buah delima adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah munculnya komplikasi pada penderita gagal ginjal serta mengurangi infeksi dan kerusakan sel ginjal yang disebabkan oleh radiasi, radikal bebas dan virus.

Manfaat lain buah delima bagi kesehatan tubuh

Jumlah tinggi antioksidan dalam delima tak hanya berperan sebagai penurun hipertensi namun juga bisa menghentikan kerusakan sel yang diakibatkan oleh penyakit kanker. Selain itu, satu buah delima berukuran sedang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak mudah terserang virus, infeksi atau penyakit. Masih seputar antioksidan dalam delima.

Antioksidan dalam buah delima ternyata sangat bagus juga untuk mencegah terbentuknya alzheimer, meningkatkan kecerdasan, menningkatkan fungsi koognitif, mempromosikan kinerja otak yang baik, melancarkan aliran darah ke otak, menjaga terjadinya penyumbatan darah di otak, yang mana ini adalah gejala paling berbahaya dari penyakit stroke serta memperkuat daya ingat atau memory seseorang.Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

Jika anda makan buah delima setiap hari maka dapat dipastikan, risiko terserang penyakit alzheimer sangatlah kecil bahkan tidak akan terinfeksi. Vitamin C dalam buah delima sudah terbukti dapat menyehatkan kulit dengan cara merangsang pertumbuhan kolagen sehat untuk kulit. Bahkan minyak esensial dalam delima dipercaya dapat melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan diri serta munculnya kanker kulit. Jika dijadikan sebagai jus, maka delima berperan penting untuk memberikan kekuatan bagi tulang dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Makan buah delima setiap hari dipercaya dapat menyehatkan arteri, menstabilkan kolesterol,memperbaiki fungsi saraf, mengobati jerawat, menghindari kulit kering sehingga efektif untuk mengobati masalah kulit kusam, hitam, belang, dan berlubang (bopeng). Terakhir, delima ternyata mampu mencegah terjadinya kerusakan gigi sebanyak 50%. Nah, itulah cara mengobati diare dengan buah delima.Cara Mengobati Diare Dengan Buah Delima

Mulai sekarang kalau terserang diare, kamu bisa mencoba delima sebagai solusinya. Bukankah yang alami itu lebih “aman” bagi tubuh? Jadi tidak ada salahnya kalau kamu mencoba cara di atas. Jika tak suka delima, bisa makan jambu biji, pepaya, salak, blueberry, pisang, nanas, mangga, kedondong, jambu air, dan jenis buah lainnya yang mengandung tinggi serat. Semoga lekas sembuh!

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *