Buah Dan Sayuran Lebih Aman Jika Di kupas. Benarkah?

By | 02/02/2018

Buah dan Sayuran Lebih Aman Jika Di Kupas. Benarkah?,- Kesehatan merupakan alasan paling mendasar dari pembahsan kita kali ini sob. Kenapa? Karena jika kita lalai menjaga kesehatan makan penyakit akan mudah masuk dan bersarang di tubuh. Buah dan sayuran sudah lama dipercaya sebagai dua unsur paling menyehatkan, tak hanya itu keduanya juga kerap disebut-sebut sebagai sumber nutrisi dan vitamin terlengkap. Inilah alasannya kenapa banyak orang yang lebih suka menikmati buah-buahan daripada menikmati makanan cepat saji.

Buah Dan Sayuran Lebih Aman Jika Di kupas. Benarkah?

Tapi, dibalik sejuta manfaat buah dan sayuran. Ada satu pertanyaan terselip di dalamnya, yakni ” apakah buah dan sayuran ini bagus dimakan secara langsung? atau harus di kupas terlebih dahulu?” Mungkin sebagian orang akan menjawab ” ya dimakan langsung saja toh kulitnya juga menyehatkan”. Namun tak jarang pula beberapa orang mengatakan bahwa buah dan sayuran harus di kupas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Lalu mana yang benar dari keduanya? Daripada bingung sendiri, lebih baik telusuri kebenarannya dibawah ini.

Buah Dan Sayuran Lebih Aman Jika Di kupas. Benarkah?

Pada umumnya buah dan sayuran bisa dikonsumsi langsung. Namun perlu diketahui kalau ternyata buah yang di kupas terlebih dahulu mengandung vitamin, mineral dan serat dalam jumlah banyak. Selain itu kandungan-kandungan tersebut juga lebih bermanfaat ketimbang makanan jenis lainnya. Bahkan menurut sebuah riset mengungkapkan bahwa apel mentah yang di kupas memiliki vitamin K lebih dari 332% , vitamin C 142%, kalsium 20% dan potasium 19%. Itu adalah jumlah nutrisi paling banyak dibandingkan dengan apel yang langsung dimakan. Begitu pula dengan sayuran, 31% dari total keseluruhan sayuran yang di kupas lebih dulu memiliki kandungan antioksidan dan serat yang sangat banyak.

Terlebih antioksidan yang terdapat di dalamnya 328 kali lebih tinggi daripada sayuran yang tidak di kupas terlebih dahulu. Dari pernyataan tersebut sudah bisa menjelaskan bahwa mengupas buah dan sayuran terlebih dahulu sebelum dimasak merupakan fakta bukan mitos. Bahkan buah dan sayur yang di kupas mampu menghasilkan beragam nutrisi alami yang lebih banyak daripada memasaknya secara langsung. Adapun beberapa jenis buah yang harus dikupas yaitu apel, wortel, jeruk, timun, ceri, terong, anggur, kiwi, jamur, buah pir, kacang, timun jepang, kentang, asparagus, serta aprikot.

Kenapa sih harus di kupas terlebih dahulu?

Mungkin beberapa alasan di bawah ini bisa membantu anda memahami kenapa buah dan sayuran lebih baik di kupas dulu sebelum dimakan. Diantaranya :

  • Membuat perut lebih kenyang. Percaya atau tidak, faktanya baik buah atau sayuran yang dikupas dapat merangsang munculnya hormon kenyang. Ini tentu bagus untuk kamu yang sedang diet karena tidak akan berlebihan mengkonsumsi makanan. 
  • Mencegah timbulnya penyakit. Sederhananya, fungsi antioksidan dalam buah dan sayuran bermanfaat untuk melawan molekul yang tidak stabil atau biasa disebut dengan radikal bebas. Selain itu keduanya juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker tertentu karena kulit buah yang terpapar peptisida tidak masuk ke dalam tubuh.

Kulit buah dan sayuran memang bergizi dan mempunyai serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang bagus. Namun untuk beberapa makanan di atas hal ini tidak berlaku karena terlalu banyak pestisida yang menyangkut di kulit akan sulit dibersihkan, dicerna serta terasa pahit ketika dimakan. Berikut adalah alasan kenapa kamu sebaiknya mengupas terlebih dahulu buah dan sayuran sebelum dimakan. Semoga bermanfaat!

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *