Benarkah Mandi Di Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik?

By | 16/03/2018

Benarkah Mandi Di Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik?,- Pernah dengar seseorang melarang kamu mandi di malam hari? Alasannya karena dikhawatirkan terserang penyakit rematik? Lalu benar gak ya kalau mandi di malam hari dapat sebabkan rematik?  Daripada bingung sendiri, yuk ikut cari tahu jawabannya dibawah ini.

Benarkah Mandi Di Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik?

Pada dasarnya, seseorang berisiko menderita rematik jika sudah memasuki usia lanjut. Penyakit ini pada awalnya muncul karena lapisan dinding sendi yang menebal seiring bertambahnya usia. Itu sebabnya mengapa kondisi ini sering menimbulkan sensasi yang cukup mengganggu. Apalagi kalau tidak segera diobati, pasti akan terjadi peradangan pada bagian sendi dan otot. Gejala rematik juga terjadi berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari sumber penyebabnya sendiri.

Ada yang memang timbul akibat faktor keturunan, namun ada juga yang disebabkan oleh kebiasaan sering duduk atau berbaring terlalu lama. Selain itu, pecinta daging jeroan juga jauh lebih berisiko mengalami rematik daripada mereka yang sama sekali tidak suka daging. Jika demikian, lantas mengapa banyak orang yang berpendapat bahwa rematik bisa muncul akibat dari kebiasaan mandi di malam hari? Apakah faktanya memang seperti itu? Atau justru sebaliknya.

Memang benar, selama ini banyak sekali orang yang mengaitkan rematik dengan kebiasaan mandi malam. Perlu dipertegas, sebetulnya keyakinan tersebut kembali ke diri sendiri. Apakah anda memang benar-benar sudah pernah mengalaminya, atau hanya mendengar dari cerita orang saja. Terkadang kalau hanya “cerita” belum pasti kebenarannya. Dan melalui artikel ini kamu akan menemukan jawaban yang sebetulnya. Benarkah Mandi Di Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik? Inilah faktanya ↵

Benarkah Mandi Di Malam Hari Dapat Sebabkan Rematik?

Kebiasaan mandi di malam hari mungkin sering dilakukan oleh sebagian orang, entah itu karena memang baru pulang kerja atau hanya sekadar ingin membersihkan anggota tubuh saja. Terlepas dari apapun itu alasannya, sebuah pernyataan mengungkapkan bahwa mandi di malam hari dapat menimbulkan penyakit rematik. Apakah pernyataan tersebut benar adanya?

Menurut ilmu kedokteran, mandi malam dan rematik sama sekali tidak memiliki keterkaitan. Bahkan di beberapa negara masyarakat jauh lebih suka mandi malam karena mampu menenangkan pikiran pada saat menjelang tidur. Kesimpulannya adalah bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik itu hanyalah mitos belaka. Meski demikian, tetap saja anda tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan kebiasaan ini. Jauh lebih baik apabila anda segera mengurangi atau bahkan menghentikannya dari sekarang.

Karena apa? Mandi di malam hari mampu merusak jaringan atau sel sehat dalam tubuh sehingga anda mudah terserang penyakit. Ya mungkin benar, kalau badan sedang fit dan sehat tidak akan terjadi apa-apa. Tapi patut diketahui juga bahwa pertahanan tubuh tidak selamanya kuat apalagi kalau anda seorang pekerja kantoran yang setiap harinya di sibukkan dengan berbagai kegiatan.

Artikel terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *