Bahaya Minum Obat Penunda Haid Bagi Wanita

By | 07/01/2019

Bahaya Minum Obat Penunda Haid Bagi Wanita,- Selama ini banyak wanita yang mencari obat supaya bisa mendapatkan siklus haid yang baik. Tapi sebagiannya lagi malah bertindak sebaliknya. Tak sedikit perempuan yang sering mengkonsumsi obat penunda haid dengan tujuan tertentu. Artinya, selama masa pemakaian obat tersebut anda tidak akan mengalami masa menstruasi dan dinding rahim akan semakin menebal.

Jika dinding rahim dibiarkan menebal secara terus-menerus, maka ketika anda mengalami menstruasi mungkin rasa sakit di perut akan terasa semakin menyakitkan dan berbeda dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh lapisan dinding rahim yang sangat tebal dan terus melakukan pengikisan. Jadi kalau anda mau konsumsi obat penunda haid, sebaiknya dipikirkan kembali.

Karena keputusan tersebut akan menimbulkan banyak masalah pada kesehatan anda. Ingin tau apa saja efek samping dari obat penunda haid? Berikut kami akan menjelaskan bahaya minum obat penunda haid bagi wanita yang sebaiknya mulai diperhatikan dari sekarang.


Bahaya Minum Obat Penunda Haid Bagi Wanita

Bahaya Minum Obat Penunda Haid Bagi Wanita

Menimbulkan reaksi alergi

Perlu diingat kembali bahwa setiap orang memiliki sensitivitas berbeda-beda. Tidak semua wanita cocok dengan obat penunda haid, apalagi jika kamu seorang pemilik kulit sensitif. Bisa dipastikan pengonsumsian obat penunda haid ini bukan jalan terbaik yang bisa ditempuh. Pada beberapa wanita, obat penunda haid bisa memicu reaksi alergi tertentu bahkan bisa mengancam nyawa pemakainya. Meski jarang terjadi, namun beberapa kondisi dibawah ini bisa terjadi pada siapa saja, diantaranya ;

  • Sesak nafas
  • Bengkak pada lidah 
  • Mudah lelah dan sering pingsan
  • Terakhir, terjadi pembengkakan pada wajah

Semua reaksi diatas muncul sebagai bentuk efek samping obat penunda haid yang tidak cocok dengan diri anda. Jika dipaksakan secara terus-menerus maka akibatnya bisa merusak organ hati dan jantung. Tentu ini sangat berkaitan erat, karena obat penunda haid memiliki kandungan yang berpotensi membahayakan kesehatan organ jantung.

Sering mual secara tiba-tiba

Tidak bisa dipungkiri, minum obat penunda haid secara berkala dapat menyebabkan penderitanya mengalami mual secara tiba-tiba. Kenapa bisa begitu? Tentu ini adalah reaksi efek samping yang dirasakan. Jika mual yang dialami tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, sebaiknya segera periksa ke rumah sakit atau klinik terdekat supaya diberikan penanganan yang khusus dan tepat dari dokter. 

Jangan sekali-kali kamu mengabaikan kondisi ini, karena dalam kasus yang jarang terjadi mual akibat pemakaian obat penunda haid berpotensi mengancam nyawa dan kesehatan lambung. 

Merusak sistem reproduksi

Paling utama, pemakaian obat penunda haid pasti berpotensi merusak sistem reproduksi. Dalam sebuah study dikatakan bahwa wanita yang sering minum pil penunda haid dapat mengalami bercak dari rahim. Artinya begini, mungkin sekarang kamu tidak merasakan apa-apa, dan siklus haid masih berjalan normal seperti biasanya meski sering minum pil pencegah haid. 

Tapi jangan senang dulu, karena di masa mendatang kamu akan menemui bercak darah yang keluar dari rahim secara tiba-tiba. Entah kapan waktunya dan apakah itu ada di dalam atau diluar siklus haid yang pasti kondisi ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada diri sendiri. Jadi bagaimana? Masih setia minum obat pencegah haid untuk tujuan tertentu?

Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Bahaya minum obat penunda haid bagi wanita selanjutnya adalah menyebabkan bengkak pada bagian tubuh lainnya. Munculnya kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah dosis yang kurang tepat sehingga berpotensi mengganggu kinerja organ yang lain. Jika pembengkakan tidak kunjung membaik segera periksa ke dokter, dikhawatirkan terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius.

Itulah bahaya minum obat penunda haid bagi wanita yang seharusnya tidak diabaikan. Bahkan perlu dipertimbangkan kembali, sebab jika dibiarkan begitu saja tentu hal ini akan semakin merusak sistem reproduksi. Bukan sesuatu yang mustahil apabila pada akhirnya, obat penunda haid ini menjadi jalan utama rusaknya fungsi rahim, menurunnya gairah seksual dan menyebabkan kemandulan.

So? Pikirkan kembali keputusan anda untuk mengkonsumsi obat penunda haid. Karena apapun tujuannya entah baik atau tidak, yang pasti efek samping dan bahayanya akan terus mengintai selama anda masih konsumsi obat tersebut. Selamat membaca semoga bermanfaat! ~ Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *