Bahaya Makan Daging Yang Sudah Tercemar Logam Berat

By | 08/09/2018

Bahaya Makan Daging Yang Sudah Tercemar Logam Berat,- Bukan hanya polusi udara dan lingkungan yang berbahaya bagi kesehatan. Manusia juga bisa sakit karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang sudah tercemar oleh logam berat, salah satunya adalah daging. Di Indonesia sendiri, daging merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak peminat. Selain nikmat, daging juga mempunyai banyak kandungan menyehatkan bagi tubuh. Namun tak bisa dipungkiri pula ternyata banyak daging yang sudah tercemar logam berat. 

Meski memang tidak semua daging memiliki kandungan logam berat, namun pada beberapa bagian tertentu logam berat seringkali ditemukan. Misalnya di organ hati dan ginjal, jika dilakukan penelitian lebih lanjut mungkin ada banyak logam berat yang tercemar pada tubuh hewan ternak. Lantas seberapa bahayakah kandungan logam berat yang tercemar dalam daging? Untuk lebih jelas, kamu bisa membaca artikel ini sampai akhir.

Bahaya Makan Daging Yang Sudah Tercemar Logam Berat

Bahaya Makan Daging Yang Sudah Tercemar Logam Berat

Sebenarnya tidak semua daging mengandung unsur logam berat. Jika dipelihara dengan baik, ternak masih aman untuk dikonsumsi. Daging bisa tercemar oleh logam berat apabila ketika masih hidup si ternak tersebut diberi asupan makanan rumput yang mengandung logam berat sehingga pada saat dimakan logam berat tersebut akhirnya berpindah dari rumput ke tubuh si hewan ternak. Tak cuma daging, buah-buahan dan sayuran pun bisa terakumulasi oleh logam berat, bahkan makanan dan minuman yang kemasannya sudah rusak pun bisa tercemar oleh logam berat.

Lalu apakah kandungan logam berat pada daging sangat berbahaya? Jika anda bertanya demikian tentu jawabannya berbahaya karena logam berat bisa merusak kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Misalnya saja, kamu makan satu porsi daging sapi matang yang sudah tercemar oleh logam berat, nah si logam berat tersebut akan berpindah ke tubuh kita. Jika sudah seperti ini, tidak menutup kemungkinan kalau ada banyak gangguan kesehatan yang akan mengintai tubuhmu.

Apa saja sih gangguan kesehatan yang dimaksud?

Banyak. Namun paling sering dialami yaitu kerusakan saraf. Gangguan saraf ini muncul karena kita terlalu banyak makan makanan yang tercemar oleh logam berat. Bahkan logam berat yang dihasilkan tersebut bisa langsung merusak jaringan di otak. Tidak berhenti sampai di situ. Kerusakan akan terus menyebar dan menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti kulit. Banyak dari kita yang tidak sadar bahwa makan daging yang sudah tercemar oleh logam berat bisa menyebabkan penyakit kanker kulit.

Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena logam berat akan terus merusak berbagai jaringan epidermis kulit. Adapun tanda awal dari kanker kulit yang disebabkan oleh logam berat adalah munculnya peradangan yang tidak kunjung sembuh meski sudah melakukan beragam pengobatan. Nah itulah bahaya makan daging yang sudah tercemar logam berat yang bisa kamu ketahui. Meski tidak semua daging memiliki kandungan logam berat, namun waspada dan tetap berhati-hati dalam menyantap makanan sepertinya bukan hal yang salah jika dibiasakan. Jadi lebih cermatlah dalam memilih menu makanan supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *