Bahaya Dehidrasi Kronis Yang Tak Boleh Diabaikan

By | 14/03/2018

Bahaya Dehidrasi Kronis Yang Tak Boleh Diabaikan,- Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang terlalu banyak mengeluarkan cairan daripada yang didapatkan. Gejala dehidrasi paling umum adalah pusing, sering haus dan kelelahan. Jika kondisi ini tidak segera ditangani maka lama kelamaan akan berubah menjadi kronis.

Bahaya Dehidrasi Kronis Yang Tak Boleh Diabaikan

Dehidrasi kronis sendiri dapat dikategorikan pada keadaan berbahaya yang bisa mendatangkan malapetaka bagi tubuh. Kenapa? Karena kondisi tersebut mampu mengurangi produksi asam basa di dalam tubuh seseorang. Efek lain yang berbahaya dari dehidrasi tidak lain adalah kerusakan parah pada sel dan kandungan air yang terdapat di dalamnya.

Gejala dehidrasi kronis sedikit berbeda dengan dehidrasi ringan pada umumnya karena penderitanya lebih sering mengalami konstipasi. Kondisi ini muncul apabila air tidak bisa mencukupi kebutuhan usus besar sehingga ototnya akan berkontraksi untuk memeras air dari kotoran yang diserap oleh tubuh. Pada akhirnya menyebabkan feses mengeras dan sulit dikeluarkan.

Satu bahaya lagi bahwa konstipasi dapat mengiritasi dinding usus terlebih jika air yang diproduksi merupakan air limbah, pasti harus disaring oleh ginjal dan hati. Ini akan menambah tekanan pada bagian tubuh yang sudah terlalu banyak bekerja.

Bahaya Dehidrasi Kronis Yang Tak Boleh Diabaikan

Jika anda mengalami kekurangan cairan maka semua kinerja organ tubuh akan terkena dampaknya. Otot, kulit, tulang, otak, paru-paru, hati hingga ginjal tidak akan berfungsi dengan baik apabila anda mengalami dehidrasi kronis. Sebab kurangnya kadar air bisa menyebabkan histamin menjadi kurang aktif.

GERD atau asam lambung merupakan dampak buruk lain yang muncul akibat dehidrasi kronis. Makanan yang masuk ke perut mengandung asam klorida, asam tersebut berfungsi untuk mengaktifkan enzim penghancur protein. Jika tubuh mengalami dehidrasi kronis maka pankreas tidak bisa menghasilkan larutan karbonat.

Karbonat ialah bagian dari proses pencernaan yang bisa menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel lebih kecil. Apabila air yang tersedia tidak cukup tak menutup kemungkinan jika makanan tersebut mengendap lebih lama dalam perut.

Intinya dehidrasi kronis mempunyai dampak sangat besar pada tubuh seperti lambung dan organ lainnya. Idealnya manusia harus minum 30 menit sebelum makan dan 2 jam sesudah makan. Setiap mahluk hidup di dunia ini membutuhkan air, bahkan janin dalam kandungan sekali pun membutuhkan air. Jadi pastikan anda sudah mencukupi asupan air dari saat ini. Ingin tubuh tetap terhidrasi dengan baik? Konsumsi makanan lezat berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *