6 Penyebab Obesitas Dan Cara Tepat Mengatasinya

By | 31/01/2018

6 Penyebab Obesitas Dan Cara Tepat Mengatasinya,- Obesitas merupakan salah satu jenis penyakit yang memengaruhi sekitar 24% orang di seluruh dunia. Penyakit ini tidak dapat dianggap sepele karena jika tidak segera ditangani, bisa terjadi secara terus-menerus selama bertahun-tahun. Selain itu, kamu pastinya akan merasa kurang nyaman karena tidak mampu mengontrol pola makan dengan baik, sehingga bada lebih cepat melar dan gemuk. Masih mending kalau obesitas yang dialami tergolong ringan, bagaimana kalau sudah masuk ke tahap yang serius dan kronis?

Maka dari itu, sebelum penyakit semakin kronis dan terlambat melakukan pencegahan alangkah baiknya apabila kamu mengetahui penyebab obesitas yang diderita. Dengan cara ini, kamu pun bisa mengurangi risiko yang kemungkinan terjadi. Terlepas dari banyaknya makanan yang sering dikonsumsi, faktanya gangguan  makan tidak muncul begitu saja. Banyak faktor penyebab yang mendukung terjadinya penyakit kronis yang satu ini, dan berikut adalah beberapa penyebab utama gangguan makan cara mengatasinya.


6 Penyebab Obesitas Dan Cara Tepat Mengatasinya

6 Penyebab Obesitas Dan Cara Tepat Mengatasinya

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Namun paling umum dan sering dialami oleh kebanyakan orang adalah :

  • Faktor keturunan. Coba perhatikan kembali keluarga dan kerabatmu, apakah mereka pernah mengalami gangguan makan? Jika ya, maka kamu juga berisiko besar mengalaminya. Tidak bisa dipungkiri, faktor keturunan masih menjadi salah satu ancaman dari munculnya gangguan kesehatan.
  • Jenis kelamin. Obesitas lebih sering terjadi pada kaum wanita daripada pria. Hal ini dikarenakan faktor biologis yang mendasarinya. Meski demikian, bukan berarti laki-laki bisa terhindar begitu saja karena faktanya siapapun yang tidak mengontrol pola makan dapat berujung pada kenaikan berat badan.
  • Adanya perubahan pada otak. Perubahan struktur otak dapat menghasilkan respons positif terhadap makanan dan akan sulit sekali untuk di kontrol. Inilah mengapa sebabnya tanpa disadari kita bisa mengalami obesitas. Intinya lebih pintarlah untuk memerhatikan pola dan asupan makanan yang dikonsumsi.
  • Bentuk tubuh. Citra tubuh seorang penderita gangguan makan sangat negatif, ini biasanya bermula dari kebiasaan diet salah yang berpengaruh langsung pada perkembangan bentuk tubuh sehingga mengalami kelainan.
  • Pernah mengalami trauma. Pelecehan, putus cinta dan stres sangat berpengaruh dan bisa menjadi faktor risiko sangat berkontribusi pada munculnya gangguan makan hingga akhirnya menyebabkan obesitas.
Beberapa cara yang sesuai dan strategi yang bisa kamu terapkan :
  1. Melakukan terapi koognitif.
  2. Psikoterapi interpersonal.
  3. Terapi penurunan berat badan.
  4. Memiliki waktu tidur yang baik.
  5. Terapkan pola hidup sehat.
  6. Beralih ke makanan yang lebih sehat.
  7. Melatih kesabaran agar bisa mengontrol diri.
  8. Rutin olahraga.
Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi :
  • Munculnya penyakit stroke
  • Darah tinggi
  • Serangan jantung
  • Gagal ginjal
  • Kanker usus

Secara keseluruhan penyebab gangguan makan belum diketahui pasti, namun banyak faktor risiko yang bisa memengaruhinya. Gangguan makan juga dapat berpengaruh serius pada kesehatan karena tubuh dipaksa untuk bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menimbulkan kerusakan secara perlahan pada organ-organ yang terdapat di dalamnya. Maka dari itu, biasakanlah mengontrol keinginan untuk makan lebih banyak mulai dari sekarang. Sebab, dampaknya di masa yang akan datang jauh lebih berbahaya dan mengancam nyawa. Semoga bermanfaat 🙂 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *