5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari

By | 27/11/2018

5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari,- Tidur adalah kegiatan normal yang biasa dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Tidur mampu membuat energi dalam tubuh kembali pulih, sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang baik. Insomnia kerap kali menghampiri jutaan manusia di dunia ini sehingga mereka tidak dapat merasakan bagaimana tidur yang berkualitas. Insomnia juga diklaim sebagai satu-satunya gangguan tidur paling kronis dan susah diatasi. Sampai saat ini, penyebab pastinya masih belum diketahui. Namun banyak para ilmuwan dan ahli kesehatan yang mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya insomnia. 

Gak cuma kebiasaan sering begadang saja, ternyata insomnia juga bisa muncul akibat salah mengkonsumsi makanan. Lagi dan lagi, makanan menjadi kunci utama untuk menentukan seseorang mendapatkan waktu tidur berkualitas. Ini karena dalam makanan terdapat sejumlah senyawa yang memiliki manfaat berbeda. Jadi tidak heran, kalau insomnia juga bisa dipicu oleh makanan yang kita santap setiap hari. Lalu makanan jenis apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia? Untuk mengetahuinya, silakan anda simak penjelasan berikut!


5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari


Menurut fisiologi, insomnia diartikan sebagai keadaan dimana seseorang tidak bisa tidur akibat gangguan jiwa, tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak atau susah untuk tidur pulas. Insomnia sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni primer dan sekunder. Yang sering terjadi di masyarakat sendiri merupakan insomnia sekunder dimana kondisi ini muncul akibat adanya gangguan medis berupa depresi, stres, perasaan sedih hingga paling kronis adalah penyakit demensia.

5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari

Seseorang dikatakan mengalami insomnia akut apabila kondisi ini sudah dialami selama bertahun-tahun dan tidak kunjung sembuh meski sudah melakukan berbagai pengobatan. Jika selama ini kamu menganggap bahwa insomnia adalah hal yang biasa maka kamu salah besar. Sebab dibalik kebiasaan ini ada sejumlah dampak buruk yang mengintai kesehatan. Tak cuma memengaruhi sistem daya tahan tubuh tapi juga dapat menyebabkan turunnya daya ingat, lebih mirisnya lagi hal ini bisa terjadi pada siapa saja baik remaja, dewasa hingga lansia.

Mengobati insomnia mungkin akan sedikit sulit dan membutuhkan waktu cukup lama, harus diselidiki dulu penyebab utamanya apa, setelah itu baru bisa melakukan pengobatan. Tidak bisa sembarangan, jenis pengobatannya pun beragam dan harus teratur. Sebelum melakukan pengobatan, yuk kurangi mengkonsumsi 5 jenis makanan pemicu insomnia di bawah ini, supaya gangguan tidur yang kamu derita tidak semakin parah.

» Stop konsumsi kafein

Bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi kafein. Tapi pastikan kalau kamu tidak mengkonsumsinya sebelum tidur. Mengapa? Sebab kafein dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Bukan hanya bisa merusak jam tidur yang baik, kafein juga dapat menyebabkan kurang fokus. Ada banyak jenis makanan dan minuman berkafein yang harus dihindari, salah satu paling umum adalah kopi. Siapa sih yang tidak suka kopi? bahkan sekarang banyak para remaja yang sengaja nongkrong di cafe hanya sekadar untuk menikmati secangkir kopi.

Kopi disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling familiar yang bisa menyebabkan seseorang susah tidur. Hal ini memang benar adanya karena kopi mengandung tinggi kafein. Kafein adalah obat stimulan yang dapat menghambat kinerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga menyebabkan sulit tidur pada siapa saja yang mengkonsumsinya. Itu sebabnya mengapa kamu harus menghindari kafein sebelum tidur, sebab kandungan didalamnya mampu menghancurkan kualitas tidur.

» Jangan makan Daging merah

Selain kafein, kamu juga harus menghindari daging merah. Daging merah termasuk salah satu dari 5 makanan pemicu insomnia yang tidak disadari. Dalam daging merah terdapat kandungan senyawa aktif yang dapat merusak responsif tubuh dalam merasakan kantuk. Hal ini tentu akan sangat buruk bagi kesehatan, sebab anda bisa tidak tidur semalaman akibat makanan yang satu ini. Bukan tidak boleh dikonsumsi, namun sebaiknya hindari memakannya di waktu malam hari menjelang tidur, supaya waktu tidur anda tidak terganggu.

Selain itu daging merah juga dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja sangat ekstra untuk mengolah protein. Jika tubuhmu memang membutuhkan asupan protein di malam hari, sebaiknya cari makanan lain yang lebih sehat dan tidak mengganggu waktu tidur. Misalnya, yogurt. Yogurt lebih sehat dan dapat merangsang hormon kantuk, sehingga kamu tidak mengalami insomnia.

» Hindari mengkonsumsi makanan manis

Makanan manis seperti coklat, cookies dan jenis makanan lainnya tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini dikarenakan makanan manis mengandung tinggi gula dan akan membuat tubuh lebih berenergi, sehingga kamu sulit untuk tidur. Bahkan mungkin, tidak akan mengantuk sama sekali. Itulah sebabnya kamu tidak boleh menikmati santapan ini di malam hari.

» Makanan pedas

Selama ini kita terlalu menganggap makanan pedas itu buruk. Sebenarnya, jika rasa pedas tersebut dihasilkan secara alami dari cabe rawit, itu tidak bahaya. Asalkan kita bisa mengatur porsinya dengan baik. Bahkan dokter pun mengungkapkan bahwa makanan pedas bersifat penyembuhan. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan jika dikonsumsi di malam hari menjelang tidur. Mengapa? Sebab makanan pedas mampu menimbulkan rasa panas pada perut hingga kita tidak bisa terjaga di malam hari. Alhasil, mungkin kamu akan bolak balik ke kamar kecil dan tidak bisa menikmati waktu tidur dengan sempurna.

» Oatmeal

Sebenarnya oatmeal itu bagus karena bisa membuat kita tidur lelap. Hal ini dikarenakan di dalam oatmeal terdapat senyawa melatonin yang dapat merangsang hormon tidur. Tapi sayang, serat larut yang cenderung lebih tinggi di dalam oatmeal memiliki dampak berlawanan. Bukan cuma menyebabkan sulit tertidur, makan oatmeal di malam hari juga kurang baik untuk sistem pencernaan karena dapat menimbulkan sembelit berkepanjangan. Ini karena pada malam hari, sistem pencernaan tidak bisa mengolah terlalu banyak makanan yang mengandung tinggi energi.


Insomnia Tak Kunjung Hilang Meski Sudah Coba Cara Di Atas?

Mungkin inilah penyebabnya ↵


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidur mampu memulihkan energi dalam tubuh. Itu sebabnya kamu perlu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Selain mengembalikan energi yang hilang, tidur juga berpengaruh sangat besar bagi kesehatan. Tak jarang, banyak orang yang jatuh sakit akibat kurang tidur. Jangan anggap insomnia ini sebagai kondisi yang sepele karena dampaknya cukup berpengaruh pada kesehatan. Selain harus menghindari makanan-makanan di atas, kamu juga perlu mengetahui beragam penyebab dari insomnia. Diantaranya, adalah berikut ini ;

  • Tidak punya jam tidur yang tetap

Jika hari ini kamu tidur pukul delapan malam, maka besoknya juga harus jam sekian. Perlu diketahui, tubuh juga membutuhkan konsistensi. Apabila jam tidurmu berubah-ubah setiap hari maka ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Responsif tubuh terhadap hormon kantuk juga menjadi tidak stabil, alhasil kamu mengalami insomnia dan sulit mendapatkan waktu tidurmu kembali. Jangan dibiasakan memaksa tubuh untuk terus bekerja ekstra. Jika hal ini terjadi, dijamin kesehatanmu akan mudah tumbang dan terserang penyakit. 5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari

  • Sering gelisah di tengah malam

Tidur, artinya tubuh rileks dan pikiran tenang. Jika setiap malam kamu selalu gelisah tanpa alasan yang jelas maka sudah pasti kamu akan sulit tertidur. Apabila rasa gelisah sering menghampiri di saat waktu tidur, sebaiknya kamu jangan melakukan aktivitas yang justru membangkitkan energi. Cobalah untuk membaca buku beberapa menit. Cara ini cukup jitu dan terbukti mudah merangsang hormon kantuk.  5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari

  • Efek samping dari obat-obatan

Tidak sedikit resep obat yang dapat menyebabkan penggunanya sulit tidur. Ini karena di dalam obat-obatan terdapat kandungan yang memang tidak bisa merangsang hormon kantuk. Obat antidepresan dan obat darah tinggi merupakan dua jenis obat-obatan paling umum dikonsumsi di malam hari dan menimbulkan susah tidur pada pemakainya. Jika memang anda mempunyai riwayat hipertensi, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat terlalu malam karena hal ini dapat membuat mata sulit terpejam. 5 Makanan Pemicu Insomnia Yang Tidak Disadari

Itulah informasi mengenai 5 makanan pemicu insomnia yang tidak disadari. Mulai sekarang cobalah untuk lebih teliti mengkonsumsi makanan sebelum tidur. Sebaiknya minum susu hangat 30 menit sebelum tidur. Kebiasaan ini dapat membuat anda tertidur pulas dan terhindar dari insomnia. Jika gangguan insomnia tetap menyerang tubuh dan tidak bisa dipulihkan, lebih baik konsultasi dengan ahli medis. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian test untuk mendeteksi penyebab utama dari adanya insomnia kronis yang kamu derita. See you next article!

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *