10 Jenis Kacang-kacangan Yang Bagus Untuk Kesehatan

By | 03/02/2018

10 Jenis Kacang-kacangan Yang Bagus Untuk Kesehatan

10 Jenis Kacang-kacangan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi. Selain tinggi akan kandungan nutrisi, kacang juga mempunyai rasa gurih alami. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung protein dan lemak sehat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur telah terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, menurunkan kadar gula darah, serta meningkatkan bakteri sehat di usus. Selain mengandung tinggi lemak sehat, kacang-kacangan juga dapat mempromosikan kesehatan jantung. Banyak jenis kacang yang bisa kamu nikmati dan terbukti dapat menghasilkan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Kamu juga bisa menikmati kacang-kacangan dengan dua cara. Bisa dikonsumsi langsung atau dikombinasikan dengan salad serta makanan lainnya. Makan lebih banyak kacang pun tampaknya dapat memberikan asupan sumber protein lezat dan ramah lingkungan. Lalu jenis kacang-kacangan seperti apa yang baik dikonsumsi? Gak perlu bingung. Berikut kami akan menginformasikan 10 jenis kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan.

10 Jenis Kacang-kacangan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Kacang lentil

Kacang lentil dipercaya sebagai salah satu jenis kacang tertua. Selain itu, kacang lentil juga mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan nutrisi tersebut diantaranya karbohidrat, serat, gula, kalium, vitamin B1,B2,E dan vitamin C. Kacang lentil juga telah diyakini sebagai kacang yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kemampuannya yang bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin pada pengidap diabetes tipe 2.

Kacang polong

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa serat dan protein dalam kacang polong dapat mengurangi lemak di perut. Ini tentunya sangat bagus sekali buat kamu yang sedang menjalankan program diet. Kacang polong juga tampaknya tidak terlalu buruk apabila dinikmati oleh penderita anemia karena mampu meningkatkan asupan zat besi. Makan kacang polong secara teratur bisa menambah zat besi dalam tubuh sehingga kamu tidak mudah lelah dan tetap berenergi.

Kacang Tanah

Banyak manfaat kacang tanah yang bisa kamu dapatkan seperti menurunkan kolesterol tinggi, mencegah penuaan dini serta mengurangi kadar gula darah. Jika kamu tidak mau terlihat cepat tua, silakan rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi kacang tanah karena didalamnya terdapat kandungan vitamin E yang bisa memperlambat proses penuaan sehingga kamu terlihat lebih awet muda meski sudah memasuki usia lanjut.

Kacang merah

Ini adalah salah satu jenis kacang yang sering dikonsumsi. Satu cangkir kacang merah yang dimasak mengandung protein sebanyak 13,4 gram yang bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula darah pada penderita diabetes. Kacang merah juga dapat melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, serat mampu membuang racun dalam tubuh dan mendorong makanan yang ada di usus sehingga saluran pencernaan lebih lancar. Sangat cocok sekali untuk kamu yang sering mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Kacang Hitam

Kacang hitam mempunyai kandungan nutrisi mikro yang dapat meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh. Selain itu kacang hitam juga bisa menjaga kadar zat besi supaya tetap stabil. Ini bagus sekali untuk penderita osteoporosis, karena kacang hitam juga terbukti tinggi akan kandungan kalsium yang bisa menjaga kesehatan tulang dan membantu kerangka tubuh tetap bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Itulah 10 jenis kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi, adapun jenis kacang-kacangan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh adalah kacang kedelai, kacang pinto, kacang hijau, kacang mete dan kacang nevy. Menurut sebuah study, penderita kolesterol tinggi disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi kacang-kacangan karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sebanyak 53%. 

Khusus untuk kamu yang mengalami alergi kacang tidak dianjurkan untuk mencicipinya karena selain dapat memperburuk kondisi, memaksakan diri menikmati beberapa biji kacang juga dapat membuat alergi kumat secara tiba-tiba. Maka dari itu, jika anda penderita alergi kacang sebaiknya pilih jenis kacang yang memang cocok dan diperbolehkan oleh dokter. Beberapa kacang yang biasa dikonsumsi oleh penderita alergi yaitu kacang almond, kacang brazil, hazelnut, macadami, pecan dan jenis kacang lainnya.

Posted By : Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *