10 Jamu Tradisional Pelancar Haid Racikan Sendiri

By | 03/12/2018

10 Jamu Tradisional Pelancar Haid Racikan Sendiri,- Kamu pernah mengalami telat haid? Atau bahkan sering terjadi setiap bulannya? Jangan cemas ya ledies. Disini, kami akan memberikan 10 jamu tradisional pelancar haid racikan sendiri, sehingga kamu tidak perlu bersedih hati lagi. Menstruasi merupakan proses keluarnya darah bersamaan dengan sel telur yang tidak dibuahi. Kondisi ini umum terjadi pada wanita normal. Terlambat datang bulan adalah kondisi yang cukup mencemaskan, tak sedikit dari kita seringkali galau jika satu bulan ini belum haid.

Beberapa penyebab kenapa kamu sering telat datang bulan ↵ 

  • Stres
  • Pre menopause
  • Terlalu kelelahan
  • Faktor keturunan
  • Adanya perubahan gaya hidup
  • Kenaikan berat badan atau sebaliknya.

Itulah beberapa penyebab telat haid yang biasa dialami oleh para wanita. Meski terbilang wajar, namun hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Telah haid yang terjadi selama berbulan-bulan tidak boleh diabaikan begitu saja, kamu harus mencari solusi supaya darah haid keluar dan normal seperti sediakala. Tenang dan gak perlu cemas! Berikut dibawah ini sudah kami sediakan 10 Jamu tradisional pelancar haid racikan sendiri yang bisa dicoba di rumah. 

10 Jamu Tradisional Pelancar Haid Racikan Sendiri

10 Jamu Tradisional Pelancar Haid Racikan Sendiri

Selama ini banyak perempuan salah faham dan mengira kalau tidak haid artinya ada masalah dengan sistem reproduksi. Padahal tidak selamanya begitu, banyak kok wanita yang 4-5 bulan tidak mengalami masa periode namun masih tetap subur, ini artinya tidak ada pendarahan di dalam tubuh, jadi jangan terlalu khawatir.

♣ Bikin ramuan kunyit asam

Khasiat kunyit sudah dibuktikan sejak ratusan tahun lalu. Tak hanya bermanfaat untuk mengobati penyakit asam lambung, tampaknya kunyit juga berkhasiat melancarkan siklus menstruasi. Ini dikarenakan di dalam kunyit terdapat kandungan curcuminoid yang terbukti mampu merangsang keluarnya darah haid sehingga masa periode bisa teratur. Untuk membuat ramuan ini cukup mudah, tinggal parut kunyit kemudian peras dan ambil airnya. Sebelum diminum, pastikan sudah direbus terlebih dahulu.

♣ Bikin air rebusan asam jawa

Selain kunyit, asam jawa juga terbukti dapat melancarkan siklus haid. Dalam rebusan air asa jawa anda akan menemukan kandungan potasium cukup tinggi yang bermanfaat mempercepat proses peluruhan sel telur mati di endometrium  dengan begini maka darah haid akan cepat keluar. Bukan hanya itu, air rebusan jawa juga dapat mengatasi nyeri perut saat haid, sehingga ketika terjadi kontraksi di dinding rahim perut tidak akan terasa kram atau pun sakit. Alhasil, masa periode pun lancar dan bebas dari PMS.

♣ Coba ramuan dari kencur

Dari dulu hingga sekarang, kencur memang selalu bermanfaat. Gak cuma bisa mengempeskan benjolan akibat benturan, namun kecur pun ternyata bagus untuk melancarkan menstruasi. Kamu bisa mengambilnya di dapur dan gak perlu beli ke pasar. Ibumu pasti menyimpan banyak rempah di dapur, dan untuk mengolah ramuan dari kencur ini kamu membutuhkan beberapa bahan tambahan seperti daun trengguli, cengkih serta daun adas. Jika semua bahan sudah siap maka saatnya kamu mulai membuat ramuan tersebut. Campurkan semua bahan menjadi satu. Jika sudah, rebus ke dalam 2 gelas air putih. Tunggu hingga benar-benar mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja. Apabila telah siap, anda bisa mengkonsumsinya sebanyak 2 kali sehari dengan takaran ½ gelas setiap kali meminumnya.

♣ Minum air kelapa hijau

Air kelapa hijau yang masih segar memiliki manfaat beragam bagi tubuh kita. Selain bagus untuk membersihkan rahim, air kelapa hijau juga dapat melancarkan siklus menstruasi perempuan. Ini karena di dalamnya terkandung senyawa laurat yang dapat mengatasi berbagai gangguan pada sistem reproduksi. Bukan itu saja, air kelapa hijau juga tinggi akan kandungan anti jamur, anti bakteri, serta anti virus. Itu sebabnya ramuan alami ini sangat dianjurkan oleh orangtua zaman dahulu, sebab dari kealamiannya tersebut banyak manfaat tersembunyi yang bisa didapatkan.

♣ Perbanyak asupan gizi

Selain mencoba ramuan-ramuan di atas, kamu juga dianjurkan untuk lebih banyak menikmati makanan sehat. Hal ini sangat penting karena asupan gizi yang tercukupi dapat menjaga keseimbangan hormonal. Jika keseimbangan hormon terjaga maka siklus haid pun pasti lancar karena metabolisme tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Itulah sebabnya mengapa kamu harus banyak makan makanan sehat. Untuk melancarkan haid, kamu bisa menikmati ikan salmon, buah-buahan serta sayuran berwarna hijau.

Berikut adalah Jamu pelancar haid racikan sendiri yang bisa dibuat di rumah. Selain lebih praktis, juga hemat biaya karena semua bahan bisa didapatkan di dapur dengan mudah. Kecuali kelapa hijau, meski gak ada di dapur seenggaknya kamu gak perlu keluarin uang banyak. Apalagi kalau ada di kebun sendiri, tinggal ambil dan gak perlu bayar. Selamat mencoba tips diatas, semoga berhasil ~ Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *