10 Cara Praktis Untuk Mengurangi Limbah Makanan

By | 09/02/2018

10 Cara Praktis Untuk Mengurangi Limbah Makanan,- Apa yang dimaksud limbah makanan? Hampir semua orang di belahan dunia ini menghasilkan limbah makanan yang tidak disadari. Bahkan Arab saudi menduduki peringkat pertama sebagai penghasil sampah makanan terbanyak di dunia. Perlu diketahui, terlalu banyak memproduksi limbah makanan bukan hanya bisa bikin jebol uang tapi juga dapat memenuhi tong sampah hingga akhirnya menumpuk. Jika hal ini terus-terusan terjadi maka tak menutup memungkinan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Bukan hanya itu saja, akhir-akhir ini organisasi pangan dan pertanian juga telah mengungkapkan bahwa kondisi limbah makanan sudah sangat memprihatinkan.

Ada banyak kerugian akibat banyaknya makanan yang terbuang secara percuma. Bahkan hampir mencapai 680 miliar dollar amerika di berbagai negara industri dan 310 miliar dollar AS dibagian negara berkembang. Artinya Indonesia juga termasuk sebagai salah satu negara yang memiliki sampah makanan terbanyak. Nah, untuk mencegah kenaikan angka atau peningkatan limbah makanan di Indonesia, kamu bisa cermati 10 cara praktis untuk mengurangi limbah makanan berikut ini ↵


10 Cara Praktis Untuk Mengurangi Limbah Makanan

10 Cara Praktis Untuk Mengurangi Limbah Makanan

Manfaat dari ke-10 cara ini bukan hanya dapat mengurangi pencemaran sampah makanan namun juga bisa mencegah munculnya penyakit. Ya seperti yang kita ketahui bahwa sampah adalah sumber penyebab paling umum dari masuknya penyakit ke tubuh kita. Lantas apa saja sih caranya?

Lebih cermat dalam berbelanja

Beli bahan makanan yang memang sedang dibutuhkan, jangan beli apa yang kamu inginkan. Hal ini penting supaya kamu bisa lebih cermat dalam membelikan uang belanja bulanan. Selain lebih irit, membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan juga dapat mengurangi sampah makanan. Ya bagaimana tidak? Kamu membeli bahan secukupnya untuk dimakan hari itu saja, sehingga makanan tidak tersisa dan kamu pun otomatis tidak akan membuangnya secara percuma.

Simpan makanan di kulkas

Semua orang mungkin sudah tahu apa fungsi dari kulkas atau lemari es. Ya, kulkas adalah tempat paling praktis dan tepat untuk menyimpan makanan. Selain mampu menjaga kesegaran makanan, lemari es juga bisa mengurangi produksi limbah makanan. Tapi jangan semua bahan dimasukkan ke kulkas ya, karena ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebenarnya tidak boleh di dinginkan. Seperti bawang, contohnya. Bawang tidak disarankan di simpan pada lemari es karena dapat mengalami pembusukan hingga menimbulkan aroma busuk tidak sedap.

Pelajari proses fermentasi

Mempelajari bagaimana cara mengawetkan makanan merupakan ide yang bagus. Fermentasi merupakan cara yang sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh orang-orang zaman dulu. Bukan cuma bisa mengurangi karbon, namun juga dapat menghasilkan sebuah makanan super lezat yang tahan lama. Dengan begini, maka makanan tidak mudah basi dan bisa mengurangi produksi sampah makanan. Adapun makanan sehat yang sudah di fermentasi adalah tempe, tahu, tapai/ tape dan oncom.

Makan buah bersama kulitnya

Banyak dari kita yang terbiasa mengupas buah apel terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan orang-orang percaya bahwa kulit apel sudah terkontaminasi dengan pestisida. Padahal, jika kamu mencucinya terlebih dahulu dengan benar, pestisida tersebut bisa hilang. Jadi cobalah mulai sekarang makan apel bersama kulitnya. Jangan dikupas dulu, baru dimakan. Kebiasaan ini bukan cuma dapat mengurangi sampah makanan namun juga bisa menambah gizi untuk tubuh. Pasalnya kulit apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga kalau kamu memakannya pun tidak akan rugi.

Adapun cara lain yang bisa dicoba untuk mengurangi limbah makanan yaitu :

  1. Manfaatkan makanan busuk menjadi pupuk kompos
  2. Lihat tanggal kadaluarsa pada kemasan sebelum membeli
  3. Sebaiknya bekukan makanan jika memang harus dibekukan
  4. Ciptakan masakan sendiri dengan memanfaatkan sisa makanan yang ada
  5. Harus tahu makanan mana yang diprioritaskan dan yang sekiranya tidak diperlukan

Nah itulah 10 cara praktis untuk mengurangi limbah makanan yang bisa kamu terapkan di rumah mulai dari sekarang. Mengubah kebiasaan buruk dari hal paling kecil adalah cara terbaik yang bisa membuatmu hidup lebih sehat. Selamat mencoba 🙂

Posted By ; Apotikqnc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *